Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Nov 2019 10:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masalembu, Kepulauan di 'Segitiga Bermuda' Indonesia

Edi Muhammad Yamin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Senja dipelabuhan Masalembu
Senja dipelabuhan Masalembu
detikTravel Community -

Nama Masalembu, rasanya masih asing di telinga traveler. Tahukah kamu, inilah kepulauan di Segitiga Bermuda ala Indonesia.

Beberapa waktu lalu saya mencoba mencari tahu tentang Masalembu yakni sebuah kepulauan terpencilk di Laut Jawa dan berada di antara Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Jika diperhatikan, posisinya bak seperti segitiga antara pulau-pulau tersebut. Konon di perairannya, sering kali meregut banyak korban jiwa entah itu hilang, tenggelam, terbakar atau terkena badai.

Saya juga sempat Sedikit shock karena lokasinya yang sangat amat jauh dan sangat minimnya informasi tentang pulau ini. Menandakan kepulauan ini adalah salah satu tempat misterius di Indonesia.

Sekilas ingatan saya muncul kala sebuah tayangan TV pernah membuat serial tentang Pulau Masalembu di mana diceritakan sekelompok orang terdampar di pulau yg penuh dengan misteri tersebut.

Setelah berhari-hari mencari tahu akses menujuMasalembu di Pelabuhan Perak Surabaya dan berhadapan dengan info-info sesat plus calo-calo yang bertebaran, akhirnya saya mendapatkan petunjuknya. Keberangkatan saya dijadwalkan dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya adalah pukul 15.00 namun akhirnya berangkat pukul 17.00.

Akhirnya esok harinya pukul 08.00, saya tiba juga di Masalembu. Pulau yang dibenak saya dipenuhi tanda tanya ada apa dan bagimana. Beruntung saja perjalanan saya cukup lancar karena saya sukses meminum 2 butir obat mabok dan langsung teler.

Singkat cerita, saya akhirnya eksplor pulau cantik ini yg ternyata dihuni oleh mayoritas orang-orang Madura dan sebagian orang-orang Mandar dari Sulawesi Barat. Karna tidak ada penginapan dan penyewaan kendaraan, maka jurus terakhir saya adalah menggunakan kepolosan muka saya agar saya mendapat penginapan dan kendaraan untuk berkeliling pulau.

Masalembu itu eksotis. Sebagian gersang dan tandus, masyarakatnya adalah Nelayan dan TKI. Ternyata pulau ini adalah sebuah Kecamatan dan bagian dari Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Padahal secara lokasi pulau ini lebih deket ke Kalimantan Selatan.

Di sini ada sekolaha, pasar, banyak warga dan ada banyak kehidupan yang mungkin masih perlu diperhatikan. Untuk memudahkan perjalanan wisata, tiket.com bisa jadi pilihan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA