Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Nov 2019 11:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Terpadat Sedunia dari Indonesia

Edi Muhammad Yamin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gambaran pulu bungin dari ketinggian - foto langkahtravel
Gambaran pulu bungin dari ketinggian - foto langkahtravel
detikTravel Community - Di mana kah pulau terpadat di dunia? Mungkin jawabannya adalah di Pulau Bungin yang berada di Sumbawa ini.

Salah satu Tempat yang ingin saya kunjungi dari dulu adalah Pulau Bungin. Apa yang membuat saya ingin sekali mengunjungi pulau ini? Yap Karena Statusnya sebagai pulau Terpadat di dunia. Wow benarkah? Nah maka dari itu saya ingin melihat dan mendatangi sendiri pulau unik ini. Beruntung saat saya explore Sumbawa kemarin, saya bisa melipir dan merasakan langsung kehidupan dan keseharian mereka.

Pulau Bungin adalah sebuah pulau terpencil yang terletak di Kecamatan Alas,Kab. Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau Bungin ini berada 70 kilometer arah barat dari pusat ibu kota Sunbawa yakni Kota Sumbawa Besar. Atau butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor yang saya sewa dari penginapan.

Menurut warga yang saya jumpai,Pulau bungin ini dihuni oleh penduduk darisuku Bajo yang berasal dari Sulawesi Selatan. Setiap tahunya akan bertambah hingga 100 rumah baru yang dibangun dilahan seluas 8.5 hektar ini.

Oh ya saat ini tercatat ada lebih dari 3000 penduduk yang mendiami pulau ini. Hampir tidak ada sedikitpun ruang terbuka apalagi taman dan pepohonan yang ada di pulau ini. Semuanya hanya semen, rumah-rumah dan juga jalanan kecil yang sangat mirip dengan gang kecil. Bahkan sangking padatnya saya sendiri beberapa kali muter-muter salah arah seperti sedang berada dilabirin.

Karena masyrakat keturunan suku Bajo jarang ada yang merantau makanya pulau ini dihuni oleh turun temurun keturunanya. Kendala sempitnya pulau dan meningkatnya jumlah penduduk membuat 1 rumah dipulau ini bisa dihuni oleh lebih dari 3 kepala keluarga.

Selain itu juga Karena tidak ada tanaman yg tumbuh dipulau bungin, membuat Banyak binatang seperti Kambing atau Domba hanya memakan nasi layaknya manusia atau makan sampah sisa-sisa makanan manusia.

Oh ya satu lagi, ada makanan khas pulau bungin yang membuat saya terngiang2 hingga sekarang. Makanan tersebut terbuat dari ikan duyung yang hanya dikeringkan tanpa dimasak kemudian dicampur dengan nasi hangat yang dibentuk bulat-bulat. Kebayang dong rasanya seperti apa. Akhh satu-satunya makanan yang membuat saya menyerah di gigitan pertama.

Pesan saya jika kalian ingin datang ke pulau ini, pastikan kalian tidak kesasar atau tersesat arah jalan keluar desa sebab jalananya seperti labirin. Cuma kalau mau cari tiket ke sini, pastinya bisa lewat tiket.com!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA