Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Nov 2019 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Punya Mimpi ke Tibet? Ini Caranya

Nur Azizah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Suasana pemukiman khas tibet
Suasana pemukiman khas tibet
detikTravel Community - Mungkin ada di antara traveler yang punya mimpi untuk liburan ke Tibet. Tidak udah bingung, ini cara liburan ke sana.

Tibet terkenal sebagai atap dunia. Tak, hanya itu, dataran tertinggi di dunia ini juga terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan. Karenanya, hampir semua orang bermimpi pergi ke Tibet.

Tibet merupakan Provinsi yang berada di Republik Rakyat Tiongkok. Tibet berbatasan langsung dengan Nepal, Bhutan, India, serta Xianjing, Qinghai, Sichuan, dan Shangri-La di China.

Namun, ongkos yang mahal membuat traveler mengubur mimpinya untuk pergi ke puncak dunia itu. Padahal, ongkos mahal hanya mitos semata. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma.

Pepatah ini juga berlaku untuk d'traveler yang mendambakan Tibet. Di sini saya akan membocorkan rahasia yang belum diketahui banyak orang terkait cara murah menginjakan kaki ke atap dunia itu. Ini yang perlu kamu persiapkan

1. Tiket

Tiket menuju Tibet memang mahal. Tapi kamu bisa mensiasatinya dengan terbang ke Kunming, China. Kalian bisa cari penerbangan Jakarta-Kunming di Tiket.com. Kalau budget kamu pas-pasan, kamu bisa pilih maskapai low cost carrier. Di sana, saya mendapat harga sekitar Rp 2,6 juta pulang pergi.

Loh, kok bisa?

Bisa dong. Tips pertama, jangan membeli tiket saat musim liburan, baik musim liburan di negara asal maupun negara tujuan. Kedua, jangan mencari tiket di Jumat, Sabtu, Minggu. Percaya tidak percaya, waktu pencarian menentukan harga tiket.

Tips ketiga, aktifkan mode on di pojok kanan bawah di aplikasi Tiket.com untuk melihat harga termurah. Tips terakhir, subscribe Tiket.com, kamu akan mendapatkan pesan terkait promo tiket pesawat hingga penginapan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan harga temurah. Seperti saya, mendapatkan tiket seharga Rp 2,6 juta pulang-pergi. Luar biasa bukan? 

2. Visa

Selain tiket pesawat, visa juga penting. Kalau tidak punya, kubur dalam-dalam mimpi kalian ke Tibet. Untuk mendapatkan visa Tibet kamu harus dulu memiliki visa China. China bisa dibilang sangat selektif memasukkan wisatawan ke negaranya. Saat saya mengurus visa China saya melihat beberapa orang ditolak visanya oleh Kedutaan Besar China. Alasannya juga tidak diberi tahu. Padahal, mereka pergi untuk memenuhi undangan di China.

Hal serupa juga hampir terjadi pada saya. Saya hampir ditolak karena bekerja di sebuah media masa. Baiklah, yang perlu kalian siapkan untuk membuat visa China adalah bukti pemesanan hotel.

Di sini saya melampirkan bukti hotel dari Tiket.com. Menariknya, di sini terdapat dua tipe pembayaran, yakni bayar langsung atau bayar di tempat. Jadi, kalian tidak usah khawatir kalau tiba-tiba ada hal medesak yang membuat kalian membatalkan pesanan.

"Apa harus membawa foto kopi rekening koran?" saya sering mendapat pertanyaan tersebut. Jawabannya adalah tidak. Kalian cukup mengisi formulir dan membawa foto kopi paspor, juga pas foto berlatar merah.

3. Tiket kereta

Kalau kalian berencana mengunjungi Tibet lewat jalur darat, kalian harus memesan tiket kereta. Pilih lah kereta berjenis sleeper train. Selain kalin bisa istiraha di sepanjang jalan, kalian juga bisa hemat uang. Pesanlah tiket dari jauh-jauh hari karena ditakutkan habis.

Nah, itu tadi tiga hal penting yang harus kamu persiapkan. Setelahnya, siapkan baju hangat dan juga uang jajan yang cukup. Jangan lupa pesan tiket.com karena terbang ke mana pun semua ada tiketnya!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA