Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Des 2019 23:13 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menelusuri Bromo yang Eksotis

Foto 1 dari 5
Tanjakan menuju kawah
Tanjakan menuju kawah
detikTravel Community - Gunung Bromo di Jawa Timur adalah destinasi yang eksotis. Dari bentang alam yang indah, sampai kebudayaan suku-sukunya begitu mencuri hati.

Gunung Bromo sebagai salah satu destinasi favorit merupakan gunung berapi yang masih aktif dan dianggap gunung suci bagi penduduk asli sana yakni suku Tengger. Keindahan yang banyak orang sebutkan berupa kaldera lautan berpasir serta pesona matahari terbit atau sunrise yang dapat dipandang dari puncak Penanjakan menjadi daya tarik untuk berkunjung.

Gunung Bromo menjulang setinggi 2.329 meter di atas permukaan laut. Saking luasnya, gunung ini masuk dalam wilayah empat kabupatan di Jawa Timur, yakni Probolinggo, Lumajang, Malang, dan Pasuruan.
Dalam Bahasa Tengger, bahasa suku asli yang mendiami wilayah sekitar, Bromo juga kerap disebut Brahma. Nama tersebut diambil dari salah satu dewa utama Hindhu.

Seperti disebutkan sebelumnya, penduduk asli daerah sekitar Gunung Bromo adalah Suku Tengger. Nama Tengger diambil dari kisah legenda mengenai kehidupan Roro Anteng dan Joko Seger. Menurut cerita yang dipercaya masyarakat, pasangan tersebut menikah, tinggal dan membangun pemukiman di sekitar Bromo.

Tempat wisata yang terdapat di Gunung Bromo kebanyakan adalah wisata alam pegunungan. Untuk melihat sunrise maka Anda bisa melakukan tour pada malam hari yaitu sekitar pukul 03.00 WIB dengan menggunakan Jeep Hardtop atau motor. Dengan begitu, Anda bisa menyaksikan keindahan sunrise dari puncak bukit di view point sebuah tempat yang biasa digunakan untuk menikmati pemandangan Gunung Bromo dari ketinggian.

Selain menikmati matahari terbit, ada juga padang savana yang tidak boleh dilewatkan. Di musim kemarau, padang ini akan berubah menjadi kecokelatan, sehingga tampak seperti di alam liar Afrika. Namun kalau Anda datang saat musim hujan, padang savana akan ditumbuhi rumput dan semak belukar berwarna hijau yang begitu memanjakan mata. Tak heran, banyak juga yang menyebut mirip perbukitan di Negara Selendia Baru.

Berada di Kawasan Gunung Bromo dan menyaksikan keindahan alam yang disajikan disini memang menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pasir yang eksotis, sunrise yang begitu indah dan berinteraksi dengan masyarakat Suku Tengger tentunya membuat perjalanan menelusuri Kawasan Gunung Bromo terasa mengesankan.

Tidak lupa untuk siapapun yang ingin berkunjung ke sana selalu menjaga kebersihan dengan membawa kembali sampah yang kita bawa sehingga kelestarian lingkungannya tetap terjaga. Leave nothing but footprint!
Kalau kamu penasaran mau merasakan indahnya Eksotisme Bromo dari Jawa Timur ini, kamu tinggal beli tiket pesawatnya via tiket.com. Opsi lain, kamu juga bisa naik kereta ke Malang dan dilanjut naik kendaraan lain. Eksotis tak melulu tentang pantai!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA