Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Des 2019 14:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sangat Indah, Ini Alasan Banyuwangi Disebut Sunrise of Java

Foto 1 dari 5
Kawah Ijen yang epik
Kawah Ijen yang epik
detikTravel Community - Kawah Ijen memang begitu indah nan epik dengan api birunya. Inilah alasan banyak wisatawan mengunjungi kawasan ini.

Spot sunrise dan spot blue fire memang berbeda. Untuk spot blue fire ini berada di dekat kawah jadi kamu harus berhati-hati dan disaranakan jangan terlalu lama menikmatinya. Karena, mengingat bau belerang yang sangat kuat dan menyengat bisa-bisa kamu jatuh pingsan karenanya.

Bagi kamu yang tidak terbiasa melakukan olah raga atau trekking, pendakian ke Kawah Ijen memerlukan stamina yang kuat. Perjalanan minimal 2 jam ditempuh dengan kaki. Medan berbatu, pasir, dan curam membutuhkan tenaga yang lumayan banyak untuk bisa tiba di puncaknya.

Untuk naik ke Kawah Ijen harus menggunakan masker khusus karena bau belerang yang sangat menyengat hadir di antara perjalanan pendakian. Belerang inilah yang menjadi cikal bakal dari terbentuknya api biru.

Belerang berpadu dengan kawah dengan tingkat asam paling tinggi dan oksigen sehingga membentuk sebuah pemandangan yang sangat cantik yaitu blue Fire yang hanya ada 2 tempat di dunia ini. Pemandangan ini hanya ada pada saat tengah malam.

Untuk menikmati sunrise kamu harus naik lagi dari kawah untuk menuju ke atas. Di mana kawasan ini memiliki pemandangan sunrise yang sangat epik dan memesona. Oleh karena itu, Banyuwangi disebut dengan Sunrise of Java.

Di sini kamu juga akan melihat beberapa orang yang hilir ke sana-kemari membawa belerang dari gunung hingga ke bawah. Mereka sering di juluki sebagai 'manusia super' di kawasan Ijen. Perjuangan mereka patut diacungi jempol. Karena mereka membawa belerang-belerang dengan berat kurang lebih 50 kg untuk sekali bawa.

Bisa dibayangkan bukan melewati medan naik turun dan terjal ini membawa beban berat demi sebuah kehidupan. Oleh karena itu disarankan bagi kamu yang bertemu dengan mereka diperjalanan bisa memberikan akses jalan terlebih dahulu. Setidaknya itulah yang bisa kita bantu untuk mereka.

Harga tiket masuk kawasan ini pun bisa dibilang cukup murah. Untuk masuk kawasan hutan lindungnya, kamu akan ditarik dengan biaya Rp 30 ribu. Untuk mendaki Kawah Ijen hanya ditarik Rp 7.500 sedangkan biaya parkir dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan mobil dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Kalau kamu penasaran mau merasakan pesona epik dari Kawah Ijen di Banyuwangi ini, kamu tinggal beli tiket pesawatnya via tiket.com. Opsi lain, kamu juga bisa naik kereta ke Banyuwangi dan dilanjut naik kendaraan lain.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA