Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Des 2019 10:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Wisata TTS yang Cantiknya Bukan Main

Foto 1 dari 5
Keindahan Alam Fatumnasi, Kabupaten TTS yang harus kalian kunjungi.
Keindahan Alam Fatumnasi, Kabupaten TTS yang harus kalian kunjungi.
detikTravel Community -

Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) punya ragam tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dan pemandangan yang sangat menakjubkan. Ini lima tempat wisata di antaranya.

Timor Tengah Selatan merupakan salah satu kabupaten yang berlokasi di pulau Timor. Kabupaten ini terdiri dari tiga suku besar yaitu Amanuban, Molo, dan Amanatun. Kabupaten ini juga memiliki sekitar 300 ribu penduduk yang mayoritasnya adalah Atoin pah meto atau orang asli Timor.

Bagi traveler yang merencanakan liburan sendiri atau bersama orang-orang terkasih, TTS bisa menjadi salah satu pilihan. Selain pemandangan indah, tempat wisatanya yang tidak terlalu ramai akan menjadikan kunjungan atau liburan terasa lebih hangat dan bermakna. Banyak spot-spot yang bikin traveler ingin teriak kencang-kencang saking kagumnya.

Berikut lima tempat wisata di kabupaten TTS yang punya pemandangan indah:

1. Danau Nausus

Kabupaten Timor Tengah Selatan memiliki danau yang memukau, yaitu danau Nausus. Danau yang berada di Kecamatan Fatumnasi, tepatnya di desa Nausus, ini terletak di bawah perbukitan marmer. Udara sejuk dan kabut-kabut tipis yang menyelimuti tempat ini membuatnya indah maksimal.

2. Hutan Bonsai

Saat memasuki tempat ini, tampak dari kejauhan terlihat pepohonan yang cukup unik. Pohon-pohon bonsai inilah yang akan menjadi tujuan utama. Pohon bonsai ini konon memiliki umur hampir sama dengan yang ada di Jepang, tepatnya di Istana Hirohito. Ranting daunnya menjulur saling bersentuhan dengan ranting pohon lain. Batang batang pohonnya berlekuk-lekuk. Akar pohonnya dirambati oleh lumut. Sangat mirip dengan pohon bonsai yang biasanya dijual tapi di sini ukurannya lebih besar.

Saat berada di tengah-tengah hutan bonsai ini, traveler seolah menjadi kurcaci kecil di antara pohon-pohon raksasa. Kulit pohon yang sudah berbalut lumut dan rantingnya yang bergelayutan jenggot resi menjadi cerminan betapa berumurnya pohon ini. Tetesan butiran-butiran air dari pengembunan kabut tebal pun ikut mempercantik pemandangan di tengah pohon-pohon bonsai itu.

3. Pantai Oetune

Di kabupaten TTS juga terdapat sebuah pantai dengan pasir yang luas sampai membentuk seperti gurun.

Pantai ini bernama pantai Oetune dan terletak di Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan. Pantai ini punya keunikan berupa hamparan pasir yang terhitung sangat luas untuk ukuran pantai, yaitu sekitar 100 meter persegi. Jadi, selain bermain-main dengan pasir di bagian pesisir pantai, traveler juga bisa sepuasnya berlama-lama di area ini.

4. Desa Fatuulan

Desa Fatuulan berada kecamatan Ki'e, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Desa ini berjarak sekitar 40 Km dari jantung Kota Soe. Untuk menuju daerah ini, traveler bisa menempuh jalur darat dengan menggunakan mobil atau motor. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam.

Karena desa ini memiliki keindahan alam dan hawa yang sejuk maka tidak heran julukan "desa di atas awan" disematkan kepada desa Fatuulan.

Saat memasuki gerbang desa, traveler sudah akan melihat pemandangan hamparan perbukitan hijau yang indah, hewan peliharaan masyarakat setempat yang dilepas, dan senyuman khas masyarakat desa Fatuulan. Suasana perkampungan juga sejuk karena berada di ketinggian 600-800 mdpl.

5. Air Terjun Love

Air terjun ini merupakan satu di antara banyak tempat wisata di kabupaten TTS yang memiliki panorama alam unik dan indah. Keberadaan kolam penampung air yang berbentuk hati di sini membuat orang-orang sering menyebutnya sebagai Air Terjun Love.

Meskipun tempat ini belum terlalu tenar, air terjun unik tersebut belakangan mulai ramai dikunjungi masyarakat Kota Soe hingga wisatawan asing. Air terjun ini hanya berjarak 10 kilometer dari jantung Kota Soe.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya membutuhkan waktu 20 menit, pengunjung sudah bisa tiba di Waterfall Love Noelaku ini.

Itulah lima kekayaan wisata alam di Timor Tengah Selatan. Wisata di tempat ini belum banyak tersentuh, padahal amat jelita. Di sini traveler pun dapat menikmati pemandangan yang menawan dengan lebih tenang.

 



BERITA TERKAIT
BACA JUGA