Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Jan 2020 10:58 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tempat Jajan Paling Seru di Wonogiri

Donypurnomo
d'travelers
Foto 1 dari 5
Foto: Pasar Doplang
Foto: Pasar Doplang
detikTravel Community - Pasar Doplang di Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri merupakan pasar tradisional yang menjual aneka jajanan tradisional. Di sini alat tukarnya koin kayu lho.

Diera milenial saat ini sudah sulit menemukan jajanan tradisional tempo dulu. Namun, ketika Anda datang ke pasar Doplang di Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri akan dengan mudah menemukan jajanan tradisional yang sudah sangat sulit Anda temukan di pasaran.

Pasar Doplang merupakan pasar tradisional yang dikemas sebagai pasar desa tempo dulu. Pasar Doplang memiliki berbagai keunikan dibanding pasar-pasar tradisional yang ada saat ini. Beberapa keunikan yang ada di Pasar Doplang diantaranya;

1. Alat tukar berupa uang kayu

Berbeda dengan pasar pada umumnya, di Pasar Doplang tidak berlaku alat tukar menukar uang negara. Yang berlaku di Pasar Doplang adalah uang kayu. Jika akan berbelanja di Pasar Doplang Anda harus menukar uang Anda dengan uang kayu yang telah disedikan di Pasar Doplang. Bagaimana dengan nilai mata uangnya? Jangan khawatir nilai mata uang yang ditukar dengan mata uang kayu nilainya sama.

2. Pasar Nonplastik

Pasar Doplang merupakan pasar yang mnegharamkan plastik sebagai wahana maupun wadah makan. Jika akan membeli makanan dapat menggunakan bungkus berupa daun dan jika berupa minuman dapat menggunakan wadah berupa gerabah atau wadah berupa kaca.

3. Sensasi makan di bawah pepohonan

Untuk menikmati makan di Pasar Doplang jangan khawatir akan kepanasan, karena di area pasar terdapat pepohonan yang rindang dan sejuk sehingga bisa berlama-lama menikmati makanan sambil lesehan di bawah pepohonan yang rindang.

4. Suasana tradisional sangat terasa

Selain makanan tradisonal suasana tradisional kian terasa saat para penjual memakai pakaian jarik dan atasan lurik jawa tempo dulu. Lantunan lagu-lagu tradisional yang berkumandang disudut pasar semakin menguatkan atmosfer tempo dulu di Pasar Doplang.

Untuk menikmati berbagai makanan di Pasar Doplang ini jangan takut menguras dompet Anda karena jajanan yang dijual sangat murah dengan harga mulai dari Rp 500. Namun, untuk menikmati aneka makanan di Pasar Doplang Anda hanya bisa membelinya di hari minggu karena pasar hanya buka dihari minggu.

Agar dapat memilih makanan dengan leluasa dapat mengunjungi Pasar Doplang pada pukul 05.30 WIB karena jika menjelang siang makanan sudah habis. Biasanya pada pukul 09.00 WIB pasar sudah mulai sepi dan makanan yang tersedia juga tinggal sedikit.

Untuk dapat mencapai Pasar Doplang ini sangat mudah yaitu berada di Desa Pandan Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Jalur yang dapat ditempuh dapat melalui du jalur yaitu jalur barat dapat melalui Solo-Wonogiri-Slogohimo-Desa Pandan. Jalur timur melalui Madiun-Ponorogo-Sologohimo-Desa Pandan. Jalan menuju lokasi sangat baik dan mulus dapat dilalui kendaraan kecil hingga bus besar.

Jika Anda berwisata ke Wonogiri dihari minggu tak ada salahnya mencoba untuk menikmati aneka jajanan tradisional tempo dulu yang enak dan menyehatkan di Pasar Doplang sembari menikmati wisata kuliner dengan udara yang masih segar.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA