Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jan 2020 17:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Dusun Semilir, Tempat Wisata Asyik di Jawa Tengah

Pungky Sudrajat
d'travelers
Foto 1 dari 5
salah satu spot foto di dusun semilir
salah satu spot foto di dusun semilir
detikTravel Community -

Dusun Semilir, namanya lagi naik daun. Dusun Semilir adalah destinasi wisata di Jawa Tengah yang asyik didatangi bersama keluarga.

Ketika melintas di Jalan utama Solo-Semarang mata kita pasti akan menemukan sebuah komplek bangunan unik yang lokasinya tidak jauh dari Terminal Bawen dan exit toll Bawen, Kabupaten Semarang. Bangunan yang sekilas mirip dengan stupa atau anak saya bilang sih mirip galon air mineral. Nama tempat ini adalah Dusun Semilir yang sangat instagenic dan memanjakan bagi para penyuka fotografi maupun selfie.

Jadi apa sih Dusun Semilir itu? Apakah desa? Apakah destinasi wisata baru? Apakah tempat makan? Apakah tempat foto? Atau apakah Dusun Semilir ini rangkuman dari desa, nama lain dusun, yang jadi destinasi wisata baru, yang ada tempat makannya, dan banyak tempat untuk foto?

Jadi nama dusun di sini emang cuma sekedar nama. Tetapi dari segi luas mungkin bisa menyamai dengan luas satu dusun atau desa sih. Mengusung konsep eco park yaitu menggabungkan antara keindahan alam dan budaya daerah setempat membuat tempat wisata ini menyajikan sesuatu yang baru di Semarang.

Keunikan arsitektur bangunan yang berbentuk seperti stupa candi dari kaca dan rangka besi di bangunan utama serta penggunaan bambu di area jembatan senggol memberikan perpaduan yang cantik arsitektur modern dan tradisional.

Memasuki stupa pertama, pengunjung akan menemui area berbelanja. Di sini bisa menemukan aneka souvenir dan batik khas indonesia. Tidak hanya itu, terdapat juga berbagai mainan tradisional. Dari pintu masuk kita udah disambut pohon raksasa, yang sekaligus jadi ventilasi. Keluar dari stupa pertama, pengunjung akan memasuki area Jembatan Senggol. Jangan lupa untuk membeli tiket dan melakukan top up kartu untuk pembayaran. Karena di area ini pembayaran dilakukan secara cashless.

HTM pada saat weekend kemaren Rp 20.000 dan top up kartu dengan saldo minimum Rp 50.000 enaknya saldo ini apabila masih bersisa bisa dicairkan melalui loket refund dengan biaya Rp 10.000 dan apabila nanti di dalam lokasi saldo kita habis tetapi masih pengin jajan dan belanja bisa melakukan top up di loket yang banyak disediakan.

Selain foto-foto dan belanja makanan tradisional Semarang, di Dusun Semilir juga terdapat beberapa binatang seperti lisang, burung merak, burung merpati, angsa dan kolam ikan koi. Seiring waktu, spot-spot foto di Dusun Semilir ini akan terus bertambah. Saat ini ada beberapa spot foto yang masih dibangun. Nantinya akan dibangun berbagai fasilitas seperti wisata oleh-oleh, wisata foto, permainan, sungai buatan, miniatur kampung eropa, mini zoo, danau buatan, glamping, resort, outbound, dan permainan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA