Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mar 2020 16:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tips Memotret Mobil Mainan Saat Traveling

Foto 1 dari 5
Diecast di Hutan mati Gunung Papandayan
Diecast di Hutan mati Gunung Papandayan
detikTravel Community -

Sesi foto menjadi sebuah kewajiban saat traveling. Bukan selfie, saya senang membawa mainan ke tempat-tempat wisata yang saya datangi.

Sehabis traveling ke tempat yang kita sukai, pasti kita bakal bawa sesuatu dari sana. Mulai dari cerita perjalanan kita, foto traveling, oleh-oleh, dan lain-lain. Untuk traveler yang narsis pasti sesi foto tidak akan terlewat bukan?

Sudah suatu hal biasa ketika liburan kita menyempatkan berfoto bersama teman, keluarga, atau Anda sendiri dengan latar belakang destinasi wisata yang indah.

Tidak hanya berfoto dengan sesama manusia, wisatawan pun banyak berfoto dengan barang kesukaannya terutama yang mempunyai hobi, misalnya anda yang hobi touring pasti akan berfoto dengan kendaraan kesayangannya. Begitupun saya, selain hobi fotografi saya juga hobi mengoleksi mobil-mobilan atau kami biasa menyebutnya diecast.

Karena kedua hobi ini sangat cocok dilakukan saat traveling, jadi setiap saya traveling tidak ketinggalan membawa kamera dan diecast milik saya. Memang suatu kepuasan tersendiri ketika traveling mendapatkan foto bagus hasil memotret sendiri.

Nah, bagi Anda yang mempunyai hobi yang sama tentu perjalanan Anda akan lebih menarik jika diecast kesayangan Anda dipotret di tempat wisata yang anda kunjungi. Maka dari itu disini saya akan berbagi tips memotret mobil-mobilan koleksi kita saat traveling berdasarkan pengalaman saya.

1.Tentuan Destinasi

Sebelum Anda membawa diecast koleksi anda, pertama tentukan ke mana anda akan pergi. Misalnya, anda pergi ke tempat wisata alam seperti ke gunung, hutan, air terjun, gurun tentu akan lebih cocok bila bawa mainan mobil off-road yang terkenal dengan bannya yang besar dan kasar untuk menjelajah berbagai medan.

Mobil-mobilan jenis ini cocok ditempatkan dipermukaan berlumpur, genangan air, pasir, batu hingga salju. Lain halnya bila Anda berwisata ke suatu kota.

Di kota pasti banyak bangunan-bangunan yang menjadi ciri khas kota tersebut, belum lagi objek lain selain bangunan seperti taman, monumen dan patung. Bila Anda berwisata ke bangunan bersejarah tentu mobil-mobilan antik cocok difoto dengan latar belakang tersebut agar makin serasi.

Walaupun begitu Anda juga bisa memotret mobil-mobilan jenis lain kesukaan Anda, yang penting buatlah foto sekreatif mungkin hingga membuat Anda senang.

2. Bawa Koleksi Seperlunya

Kedua, bawalah mobil-mobilan seperlunya. Saat berwisata ke tempat yang jauh, perbekalan utama yang Anda bawa tentunya bukan mobil-mobilan dan kamera. Anda harus memilah-milah mana barang yang harus dibawa dan mana yang tidak, agar nantinya tidak keberatan saat dibawa di perjalanan, bahkan satu mobil mainan saja sudah cukup.

Selain menentukan jumlah mobil-mobilan yang dibawa, traveler juga harus tentukan mobil-mobilan sebesar apa yang akan dibawa, karena semakin besar dan banyak tentu beban yang dibawa semakin berat. Saya lebih suka membawa mobil-mobilan berskala 1:64 karena lebih praktis dibawa kemana-mana. Setelah menentukan jumlah dan ukuran mobil mainan, pilih juga mainan yang tidak mudah rusak.

Traveler mungkin punya mobil mainan yang bagus tapi mudah rusak dan patah karena benturan dan tekanan. Maka dari itu disarankan membawa tempat khusus yang melindungi koleksi Anda.

Ingat, traveler akan membawa koleksi itu keluar ke tempat wisata dimana akan ada banyak pengunjung dan aktivitas fisik yang dilakukan di sana, bukan seperti di rumah yang dipajang dan Anda nikmati sambil duduk-duduk.

3. Riset

Cari tahu informasi tentang waktu yang tepat memotret di destinasi wisata tujuan Anda. Apakah, pagi ,siang, malam, musim hujan, musim panas, musim salju dan lain-lain.

Jika di sana ada festival tentu foto Anda akan lebih menarik, mobil-mobilan Anda bisa jadi pelengkap indahnya warna-warni di festival tersebut terlebih bila Anda mendapatkan momen penting di Festival itu. Seperti yang disebutkan pada poin kedua, Anda harus hati-hati memotret mobil-mobilan di keramaian, karena rentan tersenggol bahkan terinjak.

4. Perlengkapan Kamera

Terakhir adalah perlengkapan kamera yang dibawa. Bila anda hanya ingin sekedar memotret untuk keperluan pribadi, smartphone saja sudah cukup karena praktis dan hasilnya bisa langsung diunggah ke sosial media untuk Anda pamerkan.

Lain lagi jika Anda sudah punya konsep yang lebih terperinci, mungkin Anda perlu membawa kamera DSLR dengan lensa tertentu berikut peralatan lighting. Foto seperti apa yang anda inginkan menentukan peralatan yang akan Anda bawa dan teknik yang akan dipakai.

Sekian tips yang saya berikan berdasarkan pengalaman. Mudah-mudahan memberi cara baru dalam menikmati hobi mengoleksi mobil mainan sekaligus  traveling dan fotografi, daripada sekedar dipajang di rumah. Intinya hobi kita harus membuat kita lebih bahagia selama itu positif bukan malah sebaliknya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA