Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Mei 2020 13:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rekomendasi Wisata Kuliner Dimsum yang Enak, Murah, dan Laris di Jogja

Tarmizi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bodjo Dimsum
Bodjo Dimsum
detikTravel Community -

Yogyakarta memang surganya kuliner. Tapi saya tidak menyangka kalau di Jogja juga ada dimsum terenak yang pernah saya coba, yakni dari Kedai Bodjo Dimsum.

Pertengahan Desember 2019 ini jadi momen spesial saya karena bisa reuni bersama tiga orang sahabat kuliah setelah dua tahun tidak pernah bertemu. Pilihan kota untuk kamu bertemu diputuskan di Yogya. Kota yang penuh kenangan karena disanalah kami pernah mengadakan kuliah lapang.

Tak banyak yang kami siapkan untuk reuni sekaligus liburan kali ini. Kami hanya ingin liburan santai saja. Saya seperti biasa selalu ditugaskan untuk mencari penginapan. Awalnya ingin mencari di sekitar Malioboro, tapi akhirnya bergeser ke daerah Kaliurang karena ada penginapan baru yang murah dan unik. Apalagi daerah Jalan Kaliurang juga sangat strategis, dekat kemana-mana sehingga tidak banyak pertimbangan, saya langsung memesannya.

Ternyata pilihan penginapan yang tidak sengaja ini membawa kami makan di Bodjo Dimsum. Pilihan yang awalnya tidak sengaja lantaran saya lihat di media sosial bahwa kedai dimsum Yogya ini sangat laris meskipun baru dibuka 3 bulan lalu. Oleh karena kami berempat sama-sama suka dimsum, ya akhirnya tak ada alasan untuk tidak mencobanya.

Alamat lengkap Bodjo Dimsum adalah di Jalan Kaliurang, KM 10,8, tepatnya di pelataran Kebun Buah Naga atau Kebun Naga Resto Sleman. Lokasi tak jauh dari kampus UII, UGM, UNY, dan Ring Road. Detail lokasi ini juga bisa dilihat di Google Maps dengan kata kunci Bodjo Dimsum.

Kami tiba sekitar pukul 5 sore dan ternyata memang Bodjo Dimsum baru buka dari pukul 17.00 dan tutup sekitar pukul 23.00. Tetapi menurut pegawainya, kalau bisa datang sebelum pukul 21.00 karena biasanya sudah sold out. Saya mengamini hal tersebut lantaran saat kami datang di waktu baru buka saja, pengunjung sudah sangat ramai. Saya jadi semakin penasaran apa yang bisa membuat dimsum satu ini begitu laris.

Tempat Nyaman Berpadu Pegawai yang Ramah

Meskipun ramai pengunjung, tetapi ternyata tempat makan Bodjo Dimsum tetap terasa nyaman, tidak sumpek, dan tidak panas. Tempatnya juga cukup luas sehingga cocok untuk datang sendirian, bersama pasangan, atau ramai-ramai bersama teman dan keluarga.

Lebih dari itu, pelayanan dari semua karyawannya juga sangat bagus. Buktinya mereka dengan sangat ramah menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.

Pelayanannya juga cukup sigap meskipun tengah ramai pengunjung. Setidaknya first impression saya dan teman-teman terhadap Bodjo Dimsum ini sudah sangat baik.

Varian Dimsum Enak di Bodjo Dimsum 

Waktunya pilih-pilih! Dan saya kaget waktu lihat menunya. Ternyata varian dimsum dan menu lain di Bodjo Dimsum ini sangat banyak, loh.

Ada dimsum ayam, dimsum salmom, dimsum vege, dimsum udang, rumput laut, hakau, dumpling, pangsit, mini pao, dan masih banyak yang lain. Karena bingung pilih-pilih, akhirnya kami memesan semua varian yang saya sebut di atas.

Lebih kaget lagi, ternyata harganya sangat murah. Yogya memang juara kalau soal kuliner murah.

Kenikmatan Dimsum ala Bodjo Dimsum Jogja

Tidak butuh waktu lama untuk menunggu, pesanan kami pun sampai. Penyajiannya sangat profesional dan secara tampilan, saya sebagai pecinta dimsum bisa menilai bahwa dimsum Yogya satu ini sangat berkualitas. Hal itu jelas terlihat dari bentuk dan tekstur masing-masing menunya. Apalagi aromanya langsung memanggil-manggil kami untuk segera mencobanya.

Menu pertama yang menjadi pilihan saya adalah dimsum salmon. Mata saya memang langsung mengarah ke menu ini lantaran salmonnya yang besar.

Ternyata tak salah prediksi saya, baru digigitan pertama saya langsung jatuh cinta. Selain daging salmonnya yang besar, tekstur dimsumnya itu sendiri sangat lembut.

Rasanya juga sangat unik, ada sentuhan cita rasa khas nusantara di sana. Sangat berbeda dengan dimsum-dimsum di tempat lain.

Tak kalah penting, sambalnya juga sangat enak. Bisa saya pastikan bahwa sambalnya dibuat dari banyak rempah-rempah sehingga rasanya sangat kaya.

Kenikmatan sambalnya tersebut juga sangat cocok jadi teman dimsum. Maklum, di beberapa tempat makan dimsum saya sering mendapatkan sambal yang kurang cocok jika dipadukan dengan dimsum.

Beralih dari dimsum salmon, saya mencoba dimsum-dimsum lain. Ternyata kesempurnaan rasa dimsum salmon yang saya rasakan sebelumnya juga dimiliki varian dimsum lain.

Hal yang langsung saya garis bawahi dari Bodjo Dimsum Jogja ini adalah tidak pelit. Ya, semua isiannya sangat kaya dan besar sehingga merasa puas di setiap gigitan.

Nambah dimsum untuk dibawa pulang

Setelah menghabiskan semua menu dimsum yang kami pesan, ternyata saya belum cukup puas dan merasa ketagihan. Begitupun dengan ketiga teman saya yang juga nampak sangat lahap menikmati dimsum Yogya satu ini.

Akhirnya kami putuskan untuk pesan lagi tapi takeaway alias bawa pulang. Ini juga salah satu kelebihan Bodjo Dimsum karena mereka bisa melayani pesanan untuk takeaway.

Sembari menunggu pesanan, lagi-lagi saya bertanya ke pegawai di sana tentang resep nikmat dari Bodjo Dimsum. Ternyata semua dimsum yang mereka jual adalah olahan sendiri alias handmade. Pantas saja jika kenikmatan rasanya sangat berbeda dan belum pernah saya temui sebelumnya.

Demikianlah pengalaman saya menikmati Dimsum Enak di Bodjo Dimsum Jogja. Ternyata ketidaksengajaan kami mampir ke sana adalah ketidaksengajaan yang menyenangkan.

Bisa dikatakan kami merasakan sensasi dimsum yang sebelumnya belum pernah kami rasakan. Rasanya tak berlebihan kalau saya merekomendasikan pada kalian untuk juga mencobanya karena dijamin tidak akan menyesal. Malah mungkin akan ketagihan seperti apa yang kami rasakan.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA