Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Feb 2020 12:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rumah Makan Kolam Soto Cokro Kembang Yogyakarta: Kenyang Sambil Menggoda Ikan

Anjas ES
d'travelers
Foto 1 dari 5
Rumah makan unik yang ada kolam ikan di dalamnya
Rumah makan unik yang ada kolam ikan di dalamnya
detikTravel Community - Saatnya makan siang, ayo singgah di Rumah Makan Soto Cokro Kembang di Jalan Ngaglik, Wedomartani, Sleman Yogyakarta. Traveler akan kenyang sekaligus menikmati ikan di kolam.

Berbicara mengenai wisata kuliner di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Yogyakarta adalah salah satu kota budaya, yang terkenal dengan makanan khasnya seperti gudeg, bakpia, sate klathak dan lain-lain.

Tapi, tempat wisata kuliner yang satu ini dijamin pasti paling berkesan daripada tempat kuliner lain yang pernah anda kunjungi. Rumah makan untik yang satu ini akan membawa anda merasakan sensasi makan didalam kolam ikan.

Rumah makan Soto Cokro Kembangmerupakan sebuah rumah makan unik yang wajib traveler kunjungi saat ke Yogyakarta. Rumah makan yang berkonsep kolam ikan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00.

Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota sehingga menarik minat masyarakat karena kemudahan aksesnya untuk berkunjung dan mencicipi rasanya makan berada dalam kolam ikan yang dangkal.

Kolam ikan dalam rumah makan ini cukup luas, sehingga ikan-ikan nila kecil dapat berenang dengan bebasnya, karena hampir seluruh sudut rumah makan ini memang dengan sengaja dibangun kolam ikan yang dangkal.

Ketika makan di rumah makan ini, pengunjung harus hati-hati karena barang bawaan dapat terjatuh ke kolam. Pengunjung harus melepas alas kaki ketika memasuki rumah makan ini, sambil menunggu pelayan mengantarkan  pesanan, pengunjung dapat bermain dengan ikan-kan kecil disekitar mereka.

"Kan udah sering lewat, tapi nggak tau dalamnya, cuma penasaran aja, kemarin anak saya nggak tau searching nggak tau tanya-tanya trus ngajak kesini. Rumah makan ini menyenangkan," kata Rini, salah satu pengunjung rumah makan.

Rumah makan ini dibangun untuk keluar dari tren saat itu. Biar beda.

"Sebenarnyakan, emang dari bapak ya, saya kan kebetulan putranya. Jadi, bapak itu emang sebenarnya suka sama satwa khususnya ikan. Terus kebetulan kan sebelum ada warung soto ini kan emang kita ada kebun bunga dulu," kata  Imam selaku pemilik dari Soto Cokro Kembang.

"Nah, setelah beberapa kali tanam kok kelihatannya kalau untuk bunga itu sulit gitu untuk dapat yang mekarnya bagus. Terus akhirnya pengen bikin warung makan, terus akhirnya kita bikin terpilihlah soto. Kemudian, kami berpikir lagi gimana caranya biar, istilahnya, unik dari yang lain terus berpikiran,"bagaimana nih kalau bawahnya di kasih kolam yang ada ikannya," dia menjelaskan.

Jenis ikan yang terdapat dalam kolam ikan ini adalah ikan nila berukuran kecil-kecil. Sehingga, saat kaki pelancong masuk ke rumah makan, lalu direndamkan di kolam, maka ikan-ikan nila kecil itu nantinya akan datang dan menggigit kaki-kaki pengunjung.

Sudah kenyang, bisa menggoda ikan juga, kan?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA