Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Feb 2020 16:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ke Gorontalo, Mampirlah ke Pantai Balihutuo

Arief Setiawan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bolihutuo
Bolihutuo
detikTravel Community - Pantai Bolihutuo merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat melancong ke Provinsi Gorontalo. Pantai ini terletak di Kabupaten Boalemo.

Untuk menuju ke sana, traveler dapat menggunakan mobil travel yang tersedia di Bandara Djalaludin. Tarif sewanya, kurang lebih Rp 300.000.

Perjalanan menyusuri jalan trans sulawesi mungkin cukup memacu adrenalin agan sekalian karena jalannya berkelok-kelok. Namun, kualitas jalannya sudah bagus.

Setelah menyusuri jalan trans Sulawesi selama kurang lebih 2 jam delapan menit (tergantung pada kecepatan masing-masing driver) traveler akan sampai di objek wisata ini.

Pintu masuknya terletak pas di pinggir jalan sehingga mudah untuk dilihat. Agan sekalian akan dikenakan tiket masuk dengan harga sebesar Rp 5.000. Jangan khawatir, ini pungutan resmi, kok.

Pemerintah Kabupaten Boalemo cukup bagus dalam mengelola kawasan ini, salah satu fasilitas yang dibangun adalah Tourist Information Centre (TIC) yang langsung terlihat begitu pengunjung melewati pintu masuk.

Selain itu, pemerintah telah meningkatkan kualitas jalan yang menghubungkan pintu masuk dengan kawasan pantai dengan memasang paving blok sepanjang jalan tersebut.

Begitu sampai di bibir pantai, agan sekalian akan disuguhi dengan indahnya pasir pantai dan birunya air laut.

Ombak di pantai Bolihutuo ini juga tidak besar sehingga insyaallah aman bagi seluruh keluarga agan termasuk anak-anak. Selain bermain di bibir pantai, pengunjung juga dapat menikmati permainan yang tersedia di kawasan ini (semacam Waterboom) ,antara lain perosotan air (sayangnya pas ane kesana wahana ini tidak dihidupin gan).

Fasilitas lainnya yang tersedia disini adalah cottage atau penginapan dengan berbagai ukuran, penginapan terkecil dibandrol dengan harga Rp 300.000, penginapan dengan ukuran sedang dihargai sebesar Rp 500.000.

Sementara itu, untuk penginapan terbesar dihargai Rp 750.000. Seluruh tarif tersebut adalah untuk sewa per malam, jadi traveler yang datang dari luar kota tidak perlu bingung untuk mencari penginapan.

Dalam beberapa kesempatan pemerintah setempat juga menggelar acara khusus di kawasan pantai ini. Salah satu event tersebut adalah Festival Boalemo yang diadakan tiap tahun. Pada acara tersebut biasanya penyelenggara juga menyiapkan beberapa atraksi yang dapat dinikmati pengunjung, misalnya lomba balap jet sky dan lomba fotografi.

Sedikit saran kepada pengelola Pantai Bolihutuo, sebaiknya disediakan tempat sampah.

Selain Pantai Bolihutuo, Kabupaten Boalemo juga memiliki Pantai Ratu dan Pulau Cinta.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA