Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Mar 2020 18:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Penikmat Senja, Tau Ini di Mana?

Lina Muhikam
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menikmati Sunset Gili Trawangan
Menikmati Sunset Gili Trawangan
detikTravel Community -

Siapa pun mudah jatuh hati pada tempat ini. Ya, Gili Trawangan. Senjanya yang elok bikin kamu betah untuk melamun.

Gili Trawangan yang terletak di Propinsi Nusa Tenggara Barat masih menjadi tujuan wisata favorit bagi turis lokal maupun mancanegara. Tempat wisata ini wajib dikunjungi saat liburan ke Lombok.

Daya tarik yang begitu kuat datang dari kondisi alam Gili Trawangan yang tidak hanya indah tapi bebasnya pulau ini dari asap kendaraan membuat turis yang menginkan suasanya nyaman bebas bising bisa terpenuhi.

Meski hanya seluas 340 hektar namun fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup lengkap mulai dari Atm, Restoran, mini market, apotek, kafe, pos kesehatan, pos keamanan tersedia di sini bahkan kondisi jalan yang cukup lebar beserta penerangan jalan yang memadai.

Hal itulah yang kemudian membuat pulau ini mudah di jelajahi dengan berjalan kaki, naik sepeda atau naik Cidomo yang merupakan alat transporasi dengan tenaga kuda.

Berbagai pilihan akomodasi mulai dari guest house bertarif Seratusribuan per malam hingga kelas Resort bertarif jutaan rupiah pun tersedia.

Adanya respon positif dari para wisatawan yang menginginkan tempat wisata sunyi bebas bising dan bebas polusi menyebabkan larangan penggunaaan kendaraan motor yang semula tidak tertulis atau awig-awig, kini telah menjadi resmi tertuang dalam peraturan adat yang merupakan kesepakatan masyarakat dengan para pelaku usaha di sini.

Pun begitu halnya tentang kebersihan pulau. Adanya kerjasama antara Forum Masyarakat Peduli Lingkungan dengan Gili Eco Trust telah mampu mengelola sampah yang di hasilkan rata-rata 10 ton per hari menjadi barang yang memiliki nilai guna lebih dan tentu saja hal ini melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pelaku usaha.

Sehingga diharapkan tahun 2025 Gili Trawangan mejadi pulau wisata yang tidak hanya bebas polusi udara, juga bebas dari sampah.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA