Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jan 2020 10:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Emirgan Korusu, Taman Bunga Tulip Terbesar di Turki

CSP Wekadigunawan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Emirgan Korusu (Taman Bunga Tulip) terbesar di Turki
Emirgan Korusu (Taman Bunga Tulip) terbesar di Turki
detikTravel Community - Tahukah Anda bahwa bunga-bunga tulip di Keukenhof - Belanda bibit-bibitnya berasal dari Turki?

Ya, Turki memiliki kekayaan flora yang indah yakni bunga tulip. Keukenhof memang lebih terkenal dibanding Taman Bunga Tulip di Turki mungkin disebabkan karena festival tulip selalu ramai di bulan-bulan menjelang musim semi. Namun, kalau Anda ke Turki pada musim semi (Maret - April), bunga tulip akan tampak nyaris di seluruh sudut-sudut kota di Turki.

Nah, jika anda bepergian ke Turki maka Taman Bunga Tulip yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Emirgan Korusu ini mesti menjadi salah satu destinasi wisata Anda! Kalian tak akan menyesal mengunjunginya!

Letak taman ini adalah di Kota Istanbul. Salah satu kota di Turki yang memiliki bagian di Benua Eropa dan Benua Asia, hanya dibatasi oleh Selat Bhosporus Eropa. Taman Tulip Emirgan berada di area yang luas, lebih dari 100 hektar (470 ribu meter persegi) berada di lereng bukit. Varitas bunga-bunga Tulipnya akan membuat anda terpesona. Warna-warninya bunga tulipnya amat banyak dan tumbuh dengan rimbun dan subur.

Taman ini memiliki sejarah yang panjang dab merupakan saksi perubahan kekuasaan di Turki sejak masa Kekaisaran Ottoman. Kini, Taman Tulip Emirgan dikelola oleh Walikota Metropolitan Istanbul.

Untuk melindungi keberlangsungan taman yang indah, seperti juga taman Suria KLCC di Kuala Lumpur Malaysia, taman ini dijaga oleh petugas keamanan yang berpakaian layaknya polisi yang akan memperhatikan gerak-gerik pengunjung.

Kalian jangan sampai kecentilan berfoto di antara bunga-bunga tulip itu dengan menginjak rumput apalagi merusak bunganya. Oya, pengunjung dilarang memetik bunga tulip ini. Maka, tolonglah jangan memalukan diri sendiri dan bangsa ya!

Di dalam taman, ada rumah pembibitan. Jika anda ingin membeli bibit dan pohon Tulipnya dapat di rumah pembibitan ini yang berada di bagian belakang dari taman ini.

Taman ini dipenuhi sekitar 120 spesies flora selain bunga Tulip. Tumbuhan yang dikenal langka ada disini yakni, Pinus Biru, Pinus Putih, Pinus Maritim, Pinus Norwegia, Cedar Jepang, Pinus Batu, Pinus Turki, Atlas Cedar, Libanon Cedar, Cedar Himalaya, Beech, Pohon Abu, Sapindus, Babylon Willow, pohon Ek Hungaria, Colorado White Fir, pohon Maidenhair, Pohon Dupa Cedar California, Coast Redwood, Pohon Kamper.

Terdapat tiga paviliun bersejarah di Emirgan Korusu, yang berwarna kuning (Yellow Pavilion), berwarna merah muda (Pink Pavilion) dan yang berwarna putih (White Pavillion). Ketiga paviliun itu sebagian dibuka untuk kafe dan restoran bagi pengunjung Taman.

Jika anda ingin bugar dan ingin berlarian di taman, tersedia jalur untuk jogging dan jika anda ingin berpiknik dengan keluarga juga tersedia meja-meja piknik di taman. Keluarga-keluarga di Turki menjadikan taman ini sebagai tempat mereka berkumpul, sambil makan makanan yang dibawa dari rumah (piknik) pada saat akhir pekan.

Nah, Anda tertarik bukan mengunjungi Emirgan Korusu? Selamat jalan-jalan ya!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA