Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jan 2020 16:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai di Lombok Seperti di Film Fiksi

Agus Salim
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Bayangkan, pantai dengan bebatuan sepeti balok yang terhampar luas. Sebelahnya hamparan pasir putih dan di depannya lautan biru, ini Pantai Semeti di Lombok!

Alam dengan keunikannya menjadi daya tarik untuk di kunjungi baik oleh para wisatawan, traveler atau orang-orang setempat untuk sekedar melepas penat dari hiruk pikuk kota dan keramaian.

Tidak terkecuali daerah pantai, Lombok terutama. Lombok sebuah pulau yang berada di sebelah timur pulau Bali merupakan sebuah pulau yang tidak jauh beda dengan Bali.

Begitu juga dengan bentang alamnya, tidak kalah indah dengan Bali. Dan memang sudh sejak lama Lombok terkenal dengan lokasi wisatanya yang berlimpah. Terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik, indah dan masih alami.

Sebuah pantai lazimnya dibatasi oleh garis pasir yang menjadi tepiannya. Tetapi di Lombok ada salah satu pantai yang sepanjang garis pantainya di keliling oleh bebatuan. Berbentuk seperti bukit, tapi tidak terlalu tinggi. Lebih unik dari pantai ini adalah bebatuannya itu seperti di pahat.

Atau seperti pasir yang terkena tetesan air dan membentuk balok-balok yang menjulang vertikal dan bertumpuk-tumpuk. Pantai Semeti namanya. Terletak di Kabupate Lombok Tengah. Masih satu garis wilayah dan satu garis pantai dengan Pantai Kuta Mandalika yang terkenal itu.

Selain indah dan cantik pantai ini sangat unik. Lokasinya yang di pagari bukit-bukit kokoh dan dengan landskap tanaman jagung yang musim tanamnya hanya setahun sekali karena mengandalkan musim hujan.

Keunikan lain dari anti Semeti adalah garis pantainya seolah-olah terbagi dua. Pertama dengan bebatuan yang berukir itu dan lengkungan pasir putihnya yang sangat indah. Pasirnya seperti butiran merica.

Lautnya yang jernih, bahkan terumbu karangnya pun terlihat saking bersihnya. Selain mengagumi karya indah Semesta, pantai Semeti memiliki banyak spot photo yang instagram able sekali.

Saat mengambil foto disana harus berhati-hari agar tidak terkena hempasan ombak yang kadang menerpa mesra tapi dengan tenaga yang lumayan membuat butiran air lautnya menerpa muka.

Datanglah ke pantai Semeti dengan membawa bekal makanan dan minuman, pasalnya disini tidak ada yang jualan. Menuju pantai Semeti dapat dengan menggunakan mobil, motor atau kendaraan lainnya, meskipun jalannya masih tanah dan berbatu tetapi masih bisa dilalui semua jenis kendaraan.

Berjarak sekitar 56 km dari kota mataram dengan jarak tempuh 1-2 jam perjalanan. Kalau dari bandara Internasional Lombok jaraknya hanya 26 km dan bisa di tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Dari arah bandara, jalur termudah untuk menuju pantai Semeti adalah langsung mengarah ke Pantai Selong Belanak karena sebetulnya dua pantai ini berdampingan.

Selain itu, Pantai Semeti juga berdampingan langsung dengan Pantai Mawi yang sekarang cukup popular di wisatawan mancanegara karena debur ombaknya bisa di manfaatkan untuk berselancar. Jadi tidak sulit untuk menemukan pantai semeti. Disamping ada Google Map yang sangat mempermudah mencapai lokasi

BERITA TERKAIT
BACA JUGA