Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Feb 2020 18:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Satu-satunya Candi di Provinsi Riau

Lathifah Kya
d'travelers
Foto 1 dari 5
Candi Tua
Candi Tua
detikTravel Community - Peninggalan sejarah berupa candi tak hanya ada di Pulau Jawa, tapi juga Provinsi Riau. Jadi satu-satunya, inilah Candi Muara Takus.

Benda peninggalan sejarah berupa candi memang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar, karena candi termasuk salah satu 7 keajaiban dunia dan yang terpilih adalah Candi Borobudur. Banyak candi yang terdapat di Indonesia salah satunya candi yang terdapat di Riau yang bernama Candi Muara Takus.

Mengunjungi wisata budaya juga tidak kalah serunya dibanding wisata lainnya, karena kita bisa mengetahui dan mengenal peninggalan zaman dahulu kala. Selain menambah pengetahuan, kita juga bisa lebih mencintai tanah air kita sendiri dengan berbagai warisan kebudayaannya.







Candi Muara Takus terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Lama perjalanan yang ditempuh dari kota Pekanbaru lebih kurang sekitar 2,5 jam. Perjalanan menuju Candi Muara Takus ini cukup ditempuh melalui jalan darat.

Setiap candi di Indonesia memiliki keunikan tersendiri termasuk candi ini. Candi Muara Takus adalah satu-satunya candi yang terdapat di Riau. Candi ini bernuansa Buddhisme, dilihat dari bentuk stupa dan lainnya.

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan didirikan, tapi diperkirakan oleh para ahli dilihat dari berbagai segi telah ada sejak masa keemasan Kerajaan Sriwijaya.

Candi ini merupakan candi tertua yang pernah ditemukan di Pulau Sumatera. Asal usul candi ini menurut sebagian pendapat mengatakan bahwa nama tersebut berasal dari nama sebuah anak sungai bernama Takus dan bermuara ke sungai Kampar kanan.


Baca juga: Tim Arkeolog Selidiki Temuan Candi yang Mirip Muara Takus





Di sumber lain disebutkan, bahwa Candi Muara Takus diambil dari dua kata muara dan takus. Muara yaitu suatu tempat dimana anak sungai mengakhiri alirannya ke laut atau sungai yang lebih besar. Takus berasal dari bahasa China yaitu "ta', "ku" dan "se". Ta berarti besar, ku berarti tua sedangkan se berarti candi.

Candi Muara Takus ini merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau. Bangunan yang utama disebut Candi Tuo karena merupakan candi bangunan terbesar di antara bangunan yang ada. Pada sisi sebelah timur dan barat terdapat tangga sedangkan pada bagian bawah dihiasi patung singa dalam posisi duduk.

Di kawasan ini terdapat 4 (empat) buah candi yaitu Candi Mahligai, Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Palangka. Bentuk konstruksi candinya menyerupai genta dan stupa yang merupakan ciri khas dari Budha Gautama.

Di sekeliling candi ini ditembok dengan tinggi lebih kurang 1 meter dan luar arealnya terdapat pula tembok tanah (tanggul kuno) mengelilingi kawasan ini sampai ke pinggir sungai Kampar Kanan.

Bagaimana traveler? Jangan sampai kehabisan ide dalam menentukan destinasi wisata, ya! Mengunjungi wisata budaya pun juga sah-sah saja, malah direkomendasikan. Penasaran dengan bangunan candi ini, silahkan datang ke Riau, ya!


Baca juga: Candi Muara Takus, Sisa Kejayaan Sriwijaya di Riau





Tags: Candi Muara Takus, Kampar, Riau

BERITA TERKAIT
BACA JUGA