Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Feb 2020 18:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Keindahan Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pradikta Kusuma
d'travelers
Foto 1 dari 4
Kita bisa bersantai sepanjang hari di pantai nan indah ini
Kita bisa bersantai sepanjang hari di pantai nan indah ini
detikTravel Community -

Kabupaten Banyuwangi dari hari ke hari namanya semakin dikenal saja terutama bagi para pelancong. Bagaimana tidak kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini mempunyai daya tarik pariwisata yang luar biasa, mulai dari kebudayaan hingga panorama alamnya. Salah satu yang paling menarik dari destinasi alamnya adalah Pantai Pulau Merah.

Berada di daerah Pesanggaran, Banyuwangi. Dengan dukungan akses jalan yang memadai dengan jarak tempuh sekitar 2 berkendara dari pusat Kota atau 80 km, tidak mengherankan jika Pantai Pulau Merah kerap menjadi salah satu pantai yang selalu ramai setiap hari, baik oleh wisatawan lokal maupun asing. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 3 km dan menghadap langsung ke samudera Hindia ke arah selatan. Pasir di Pantai ini memiliki warna putih dan terkadang terlihat agak pink atau kemerahan.

Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit setinggi 200 meter ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Menjelang matahari terbenam, pulau yang memiliki tanah merah ini bagaikan berubah warna menjadi merah. Dari fenomena alam itulah kemudian pantai ini dinamakan dengan nama Pantai Pulau Merah. Di Bukit ini juga terdapat Pura di mana warga yang beragama Hindu disekitar sana biasa melaksanakan upacara Mekiyis.

Selain menjadi destinasi pariwisata pada umumnya Pantai Pulau Merah juga menjadi destinasi wisata khusus yaitu bagi para pecinta surfing atau selancar. Ombak yang besar di tengah pantai yang mempunyai tinggi lebih dari 3 meter selalu menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta olahraga selancar. Pamor Pantai Pulau Merah sebagai pantai surfing memang sudah melekat di mata wisatawan lokal maupun asing, selain Pantai Plengkung tentunya.

Karena dengan keunikannya tersebut Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pun sangat gencar mempromosikan Pantai Pulau Merah menjadi destinasi pariwisata unggulan dan menjadikannya sebagai salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Fasilitas disekitar pantai pun terbilang sudah cukup bagus dan memadai. Dan jika bertepatan dengan musim panen Buah Naga, para wisatawan pun dapat membawa pulang oleh-oleh buah naga dengan harga yang sangat terjangkau.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA