Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Agu 2020 19:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan New Zealand, Ini Timor Tengah Selatan

Foto 1 dari 5
Di balik jauh dan susahnya mencapai tempat ini, selalu ada hikmahnya
Di balik jauh dan susahnya mencapai tempat ini, selalu ada hikmahnya
detikTravel Community -

Di Timor Tengah Selatan, NTT ada sebuah cagar alam yang menawarkan pemandangan alam serupa New Zealand. Cagar Alam Mutis namanya. Eksotis banget!

Cagar Alam Mutis ini terletak di kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Berada di ketinggian 1500-2500 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata rata 12-19 Celcius, Cagar Alam Mutis yang berada di Fatumnasi ini merupakan daerah terdingin di antara panas dan teriknya Nusa Tenggara Timur.

Untuk tiba di cagar alam ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Soe (Ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan).

Awalnya, jalanannya mulus saja tapi hingga setengah perjalanan, jalan aspal pun mulai berganti jalan berbatu, turunan dan tanjakan curam. Meski begitu, sepanjang perjalanan pemandangannya sangat indah.

Di balik jauh dan susahnya mencapai tempat ini, selalu ada hikmahnya yakni cagar alam ini masih sangat asri dan terjaga. Cagar Alam Mutis ini didominasi oleh pohon Ampupu (Eucaliptus Urophylla). Pohonnya besar-besar, tinggi dan sudah berusia cukup lama bahkan hingga ratusan tahun.

Agak ke dalam sedikit, kalian akan disuguhkan dengan bonsai raksasa. Bonsai ini sangat berbeda dengan bonsai pada umumnya.

Jika biasanya bonsai hanya tumbuh dari pot pot mungil, bonsai di sini seperti raja. Bebas memekarkan dirinya sendiri. Bonsai ini juga diselimuti dengan lumut-lumut hijau yang pekat.

Konon, katanya hanya ada dua di dunia. Salah satunya yah di sini, di Cagar Alam Mutis.

Selain itu, pemandangan jamak nan indah yang dapat ditemui adalah sekumpulan kuda liar yang hidup di tempat secantik ini. Mereka pun makan rumput dengan damainya.

Banyak orang akhirnya menjuluki tempat ini sebagai New Zealand-nya Nusa Tenggara Timur.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA