Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Feb 2020 13:29 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun Waimarang Pas untuk Petualang

Monica Suparta
d'travelers
Foto 1 dari 5
Air Terjun Waimarang, Sumba Timur
Air Terjun Waimarang, Sumba Timur
detikTravel Community - Air terjun Waimarang wajib disinggahi saat traveling ke Sumba Timur. Apalagi, untuk traveler yang menyukai wisata minat khusus penuh petulangan.

Air terjun Waimarang itu memiliki jarak temppuh kurang lebih 1,5 jam dari kota Waingapu. Sejak start menuju air terjun itu, travaaler enggak bisa santai.

Ya, jalan menuju air terjun memang harus ditempuh dengan treking. Sudah begitu, medannya bervariasi, dari rerumputan, bebatuan, hingga tanah merah, juga sungai kecil. Untungnya, ada bambu atau akar pohon untuk berpegangan.

Tapi, lelah treking itu bakal terbayar tuntas dengan panorama air terjun Waimarang. Air terjun ini terkenal dengan warna airnya yang kebiruan di musim panas.

Saya bertandang di bulan Februari 2020 dan warna air agak kehijauan, sisa hujan. Jika kamu jalan-jalan ke Sumba di musim penghujan, memang resikonya akan mendapati air terjun berwarna agak keruh. Namun, suasana setiap spot biasanya jauh lebih sepi dan bebas berfoto.

Sampai di air terjun, wajib kamu sempatkan menyusuri bebatuan, bermain dan mandi di gemericik mata airnya. Berenang di air terjun mempunyai sensasi yang berbeda, karena bersatu dengan alam dan rasanya segar sekali, sejuk dan rasa letih treking langung terbasuh.

Air terjun Waimarang juga spesial karena dikepung bebatuan yang tinggi di sekitarnya. Saat berada di sini, seperti memiliki kolam pribadi.

Di atas air terjun pertama, terdapat air terjun berundak lagi, namun hanya bisa dijangkau dengan merambat di bebatuan sampingnya.

Kalau dari sisi keamanan, memang terlalu beresiko. Lihat air terjun yang paling bawah saja sudah bagus kok!

Mudah-mudahan sarana dan prasarana di sini segera mendapat perhatian dari pemerintah secara maksimal ya, karena keindahan Sumba tak kalah dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

Nah, jika kamu mau traveling ke Sumba, pastikan menyewa mobil dari driver setempat untuk memandu jalan, karena rute di sini masih sangat asri dan belum tertata dengan jelas petunjuknya. Pastikan juga staminamu oke, karena butuh badan yang fit dan semangat tinggi untuk treking di air terjun ini.

Selamat bertualang!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA