Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 13:13 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Rasanya Jadi Pengantin Minang di Anjungan Sumatera Barat TMII

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Anjungan Sumatera Barat di TMII yang dikenal sebagai rumah gadang
Anjungan Sumatera Barat di TMII yang dikenal sebagai rumah gadang
detikTravel Community -

Mengunjungi anjungan yang ada di Taman Mini Indonesia Indah tidak hanya sekadar melihat-lihat koleksinya. Kita juga bisa mencoba pakaian adat yang disewakan.

Salah satunya di anjungan Sumatera Barat, kita bisa merasakan jadi pengantin minang lengkap. Pengelola telah menyediakan pakaian khusus pengantin minang berbagai ukuran untuk disewa. Tidak hanya pakaian saja, di sini juga disediakan hiasan kepala khas minang yaitu suntiang.

Suntiang merupakan hiasan kepala untuk pengantin wanita minang. Hiasan ini biasanya berwarna emas dengan motif flora dan fauna. Suntiang berukuran besar dinamakan suntiang gadang dipakai pengantin dan yang berukuran kecil suntiang ketek dipakai pendamping pengantin.

Berat suntiang sendiri berkisar 3,5 - 5 kg. Beratnya mahkota kebanggaan wanita Minangkabau ini melambangkan kesiapan seorang wanita untuk memikul tanggung jawab sebagai istri dan ibu. Namun sekarang ini sudah banyak dibuat dengan bahan yang lebih ringan.

Tidak hanya pakaiannya, terdapat pula pelaminan yang khusus digunakan untuk berfoto. Dengan demikian lengkaplah suasana adat minang. Tidak membawa kamera canggih bukan masalah. Juru foto disini sudah ahli mengambil sudut terbaik.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA