Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jun 2020 09:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kalau Takut Jangan Lihat, Atraksi Tatung dari Singkawang

safira asyila
d'travelers
Foto 1 dari 5
Atraksi Tatung
Atraksi Tatung
detikTravel Community -

Kota Singkawang terkenal akan Festival Cap Go Meh yang digellar setiap tahun. Kamu bisa melihat atraksi Tatung yang bikin ngilu dan deg-degan di sini.

Kota Singkawang yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat dikenal dengan banyaknya etnis Tionghoa yang tinggal di sana. Wajar apabila budaya Tionghoa masih sangat kental dalam kehidupan masyarakat Singkawang, seperti perayaan Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang dilakukan dengan diadakannya Festival Cap Go Meh yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, yaitu 15 hari pasca Hari Raya Imlek. Festival Cap Go Meh menjadi salah satu atraksi wisata yang paling menarik di Kota Singkawang.

Selain itu, Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang masuk dalam Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata. Setiap tahunnya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara datang berkunjung ke Kota Singkawang untuk menghadiri Festival Cap Go Meh.

Hal tersebut menyebabkan setiap mendekati hari perayaan Festival Cap Go Meh, hotel dan penginapan selalu penuh dipesan. Daya tarik yang menyebabkan Festival Cap Go Meh menjadi perayaan yang selalu dinantikan adalah atraksi budaya dan etnis yang mencerminkan keunikan warisan budaya Nusantara.

Atraksi Tatung merupakan ikon utama perayaan Cap Go Meh di Singkawang. Apa itu Tatung? Tatung sendiri dalam bahasa Hakka adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur.

Untuk menjadi Tatung tidak bisa sembarangan. Ada ritual yang harus dilakukan seperti ritual cuci jalan yang ada dalam rangkaian festival.

Setiap Tatung melakukan atraksi yang dianggap mengerikan bagi sebagian besar orang, seperti menusukkan benda tajam ke bagian tubuh. Namun, tatung-tatung tersebut tidak terluka sama sekali karena telah mengikuti ritual sebelumnya.

Meskipun terlihat mengerikan, atraksi Tatung merupakan yang paling ditunggu-tunggu karena keunikannya yang tidak didapat di tempat lain. Tatung menggunakan kostum etnis tionghoa dan etnis Dayak.

Selain atraksi Tatung, terdapat pula banyak hal menarik di Festival Cap Go Meh Singkawang seperti pagelaran seni multietnis dari semua paguyuban di Kalbar, acara hiburan rakyat yang mengundang artis terkenal, Festival Lampion, serta Atraksi Naga dan Barongsai yang menjadi ciri khas perayaan Hari Raya Imlek.

Melalui Festival Cap Go Meh di Singkawang, sangat terlihat bahwa Indonesia memiliki beragam etnis dan budaya yang memiliki tradisi unik dan dapat menjadi atraksi wisata. Multikulturalisme juga akan tercipta melalui Festival ini.

Masyarakat dari berbagai kalangan usia, pekerjaan, ras, latar belakang budaya, bahkan agama bersatu padu meramaikan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang ini.

Jangan ragu untuk datang tahun depan karena Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Jangan lupa siapkan fisik yang sehat ya agar bisa menikmati Festival dengan nyaman dan bahagia!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA