Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Mei 2020 13:11 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Stelvio Pas, Jalan Zig-zag di Pegunungan Alpen

Wijaya Kusuma
d'travelers
Foto 1 dari 5
Stelvio Pass
Stelvio Pass
detikTravel Community -

Pegunungan Alpen jadi obyek wisata favorit di Eropa. Di sana ada sebuah jalur dramatis dengan jalan zig-zag, Stelvio Pas.

Stelvio Pass atau PASSO dello Stelvio dalam bahasa Italia adalah jalur gunung beraspal tertinggi kedua di Pegunungan Alpen. Jalan zig-zag sekitar 29 mil ke atas dan melewati Ortler Alps di Italia utara.

Lintasan ini dianggap sebagai salah satu yang paling dramatis dan menantang untuk dilalui motor atau pesepeda karena ada 48 tikungan tapal kuda di Pegunungan Alpen.

Jalan itu dibangun oleh Kekaisaran Austria antara tahun 1820 dan 1825, untuk menghubungkan provinsi Lombardy di Austria (sekarang di Italia) dengan bagian lain negara itu.

Stelvio Pass telah dianggap sebagai jalur mengemudi yang sangat baik, setidaknya bagi pengemudi yang mencari tantangan. Sejak Agustus 1898, ketika diadakan lomba motor mendaki bukit pertama dengan kendaraan bermotor dengan kecepatan tertinggi namun kecepatan maksimum tetap dibawah 20 mph, kembali karena banyaknya tikungan.

Stelvio Pass mulai menarik perhatian internasional pada tahun 2008 ketika acara TV otomotif Inggris yang sangat populer, Top Gear, menamainya sebagai jalur track yang paling menarik di dunia. Sejak itu, pesepeda banyak datang ke Italia untuk berlatih disini.

Stelvio Pass terletak di ujung utara Italia, dalam jarak berjalan kaki dari perbatasan Swiss. Jalan yang melintasi rute ini disebut Strada Statale 38 (SS38).

Lintasan tertutup sepenuhnya ketika salju tebal menghalangi jalan. Biasanya jalur ini dibuka dari Juni hingga Oktober, dan berpotensi lebih lama sepanjang tidak turun salju, Oleh karena itu periksa kondisi kendaraan sebelum lewat.

Jalur Pass ini telah menjadi tujuan mengemudi yang populer dan menjadi ramai, terutama di akhir pekan selama bulan-bulan puncak Juli dan Agustus.

Jadi, jika Anda ingin menghindari lalu lintas ramai, pergilah pada pertengahan minggu atau diakhir bulan. Juga awasi acara-acara khusus seperti Stelvio Bike Day dan Stelvio Marathon, di mana jalan ditutup untuk lalu lintas umum.

Didekat puncak stelvio terdapat dusun namanya Sulden atau Solda, Saya menginap semalam di Eller Solda, sebuah hotel yang sangat cantik dengan bangunan kayu dengan sajian yang ramah.

Saat kami tiba pemilik hotel seorang Jerman, meminta kami untuk bebersih, Setelah itu kami diajak keruang makan untuk makan malam ala Eropa. Kami disuguhkan wine juga secara gratis dan ini ternyata termasuk dalam biaya nginap dihotel. Wah, luar biasa!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA