Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mei 2020 09:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Harta Karun dari Temanggung

Foto 1 dari 5
salah satu penemuan candi di situs liyangan
salah satu penemuan candi di situs liyangan
detikTravel Community -

Temanggung punya Candi Liyangan yang tak hanya kaya sejarah. Namun pemandangan alam di sana juga indah dan memukau.

Situs Candi Liyangan yang berada di Temanggung, Jawa Tengah menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Keindahan view Gunung Sindoro dan kolam renang dengan air pegunungan yang masih segar membuat anda wajib mengunjungi tempat ini.


Di Jawa memang memiliki banyak sisa-sisa peninggalan kerajaan pada masa lampau, tak terkecuali di Jawa Tengah. Banyak peninggalan peninggalan bekas kerajaan Hindu Budha dan yang terkenal salah satunya adalah Candi Borobudur.

Memasuki era sekarang ditemukan candi baru yang masih menimbulkan misteri, yaitu Situs Liyangan di Temanggung, Jawa Tengah. Situs ini ditemukan pada tahun 2008 yang ditemukan saat aktivitas penambangan dan melihat batu yang seperti batu candi. Sejak penemuan tersebut saat ini Situs Liyangan masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Situs Liyangan terletak di Lereng Gunung Sindoro, Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Situs Liyangan ini kemungkinan terkubur aliran lahar panas Gunung Sindoro yang membuat situs terkubur di bawah material vulkanik sedalam 10-11 meter. Traveler wajib mengunjungi tempat ini setelah pandemi virus corona usai karena tempat ini membuat kita rileks dengan pemandangan alam nya dan udara yang masih sangat segar.

Tempat wisata ini juga cocok untuk membawa keluarga, selain untuk berwisata juga untuk belajar sejarah masa lampau. Tenang, kamu ga perlu pemandu wisata untuk tau sejarah Situs Liyangan ini karena di perjalanan masuk ke Situs Liyangan diperlihatkan gambar beserta penjelasan ketika Situs Liyangan ditemukan.

Eits kamu ga hanya menikmati candi saja disini, karena pengelola membuat kolam renang dengan pemandangan alam yang langsung mengarah ke Gunung Sindoro dan kesegaran mata air pegunungan. Kolam renang ini dinamakan kolam cinta karena bentuknya menyerupai hati. Harga tarif masuknya juga cukup terjangkau yaitu Rp. 10.000 per orang. Berkunjung ke situs Liyangan juga menjadi obat lelah dan bisa menjadi alternatif liburan setelah masa pandemi usai.

Oiya traveller, saat mengunjungi tempat ini jangan lupa menggunakan jaket ya. Karena udara disini masih sangat segar dan dingin. Jadi, setelah pandemi usai jangan lupa masukan Situs Liyangan kedaftar liburan kamu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA