Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Mei 2020 10:54 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Bukit Savana Propok di Lereng Gunung Rinjani

Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Saat ini mendaki gunung atau bukit sudah jadi trend baru bagi kaum milenial, untuk mengisi waktu kosong rasanya tidak lengkap kalau tidak mendaki. Walaupun itu hanya dilakukan selama satu atau dua hari untuk mengisi waktu liburan.

Salah satu bukit yang baru-baru dibuka di Lombok Timur dan menjadi tren pendakian untuk milenial adalah Bukit Propok. Bukit ini cocok didaki untuk traveler yang tidak bisa mendaki Gunung Rinjani ataupun bukit-bukit lainnya.

Bukit Savana Propok ini berada di Rinjani bagian tenggara. Untuk mencapai Bukit Savana Propok ini, traveler harus melewati Gawah Gong, Kecamatan Wanasaba. Lokasi yang tak jauh dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang membuat para pendaki yang hendak menikmati sela di waktu libur bisa mendaki Bukit Savana hanya dalam waktu 1 hari 1 malam saja.

Kemudian tiket masuk wisata Bukit Savana Propok untuk satu pendaki sebesar Rp 15.000 dan jika menggunkan kendaraan bermotor, kita harus membayar tambahan biaya sebesar Rp 10.000 untuk parkir kendaraan. Cukup murah, dengan uang Rp 25.000, kita sudah bisa masuk kawasan pendakian wisata Bukit Savana Propok dan menjelajah keindahan pesona Bukit Savana Propok.

Perjalanan kesana terbilang menyenangkan karena traveler bisa merasakan udara sangat sejuk saat melewati hutan. Ini membuat traveler tidak kepanasan dan kelelahan.

Dari parkiran sampai pelawangan Bukit Savana Propok ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam saja namun para pendaki yang santai sambil menikmati keindahan memerlukan waktu sekitar 4-5 jam kita sudah sampai di lembah bukit.

Sesampai di pelawangan ada tiga jalur yang bisa dipilih. Bila ambil jalan ke arah kiri, traveler menuju Bukit Kondo. Kemudian kalau memilih jalur selatan ke Bukit Propok. Sementara jika langsung turun akan menuju pada kawasan perkemahan Padang Savana yang terbilang cukup luas dengan hamparan savana yang membentang luas serta ditumbuhi rumput dan ilalang.

Camping di Bukit Savana Propok jadi pilihan terbaik karena paginya traveler akan disuguhkan pemandangan matahari terbit yang mulai menyinari Puncak Rinjani dan perlahan turun menyinari kawasan Savana Propok. Dan kabut tipis yang menyelimuti Savana mulai menghilang Rinjani terlihat jelas berdiri kokoh kayak di depan mata.

Selepas pandemi COVID-19, destinasi ini bisa jadi rekomendasi untuk traveler jelajahi. 

 

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



BERITA TERKAIT
BACA JUGA