Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mei 2020 16:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keindahan Tiada Dua dari Puncak Gunung Andong

Resy Ulfa Triyanti
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Gunung Andong di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memang bukan gunung yang tinggi. Tapi, andai sudah sampai di puncaknya, kamu akan disuguhi view keren.

Gunung Andong cocok untuk pendaki pemula. Dengan ketinggian 1.726 mpdl, gunung ini juga memiliki jalur pendek untuk mencapai puncak. Idelanya cuma dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5-2 jam untuk mencapai puncak.

Dari puncak lah pemandangan yang amat keren bisa disaksikan. Traveler bisa melihat sejumlah gunung lain, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, dan Telomoyo

Mau sunrise atau sunset, pemandangan dari puncak Gunung Andongs ama-sama istimewa.

Gunung Andong juga memiliki sejumlah fasilitas yang bikin traveler nyaman. Apa saja:

Baca Juga: Mencicipi Hangatnya Yogyakarta Dalam Segelas Kopi Joss

1. Basecamp

Terdapat enam basecamp sebagai titik mula pendakian Gunung Andong, yakni dari jalur Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan Dusun Temu di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Juga ada pos di Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Dan ada yang berbeda dari enam basecamp tersebut, basecamp Taruna Jaya Giri via Dusun Sawit lebih populer dari pada yang lain.

2. Jalur pendakian

Berdasarkan pengalaman saya, jalur pendakian Gunung Andong terbilang cukup landai, terlebih bila mendaki via Dusun Sawit.

Jika lewat Dusun Sawit terdapat dua jalur, jalur lama dan baru. Dari gerbang utama menuju puncak, terdapat jalur berupa anak tangga yang dibuat dari bebatuan.
Begitu masuk ke kawasan hutan pinus, jalur berganti menjadi jalan setapak, mulai menanjak, bebatuan tidak rata, sedikit licin.

3. Tempat istirahat/pos

Terdapat tempat untuk kita mengilangkan lelah kita. Di Gunung Andong via Sawit terdapat tiga pos.

4. Warung di Puncak

Di puncak Gunung Andong terdapat warung milik salah satu warga setempat, jadi tidak perlu khawatir kelaparan. Warung ini menjajakan beragam makanan dan minuman, tentu dengan harga yang sepadan dengan usaha para pendaki.

Baca Juga: Hijaunya Hutan Pinus Mangunan Bikin Tenang

5. Terdapat jaringan internet

Ada jaringan internet di puncak Gunung Andong dan beberapa titik di jalur pendakian. Jadi kita bisa tetap bersosmed di puncak.

Selain itu, traveler bisa memberi makan kucing dan luwak yang ada di Gunung Andong. Di daerah pemukiman dekat dengan Gunung Andong via Sawit terdapat warung yang menjual dagangannya, ada sayur dan buah.

Smeoga pandemi segera berakhir dan kita bisa ke sana. Mohon tetap diingat ya, jaga selalu kebersihan dan kelestarian lingkungan. Jangan ambil apapun kecuali foto, buanglah sampah pada tempatnya dan bawalah kesenangan saat pulang.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA