Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Mei 2020 13:19 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keindahan Yang Tersembunyi di Gua Jomblang

Firmanda Yustiawan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menguji adrenalin di goa jomblang (dok folkindonesia)
Menguji adrenalin di goa jomblang (dok folkindonesia)
detikTravel Community -

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan budaya yang masih kental dan keramah tamahan masyarakatnya. Tempat wisatanya pun digemari.

 

Tempat wisatanya yang lebih dikenal hanyalah kawasan Kalibiru, Malioboro, dan Tugu jogja yang menjadi ikon kota jogja sudah menjamur bagi para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Namun siapa sangka, di kota dengan budayanya yang kental ini memiliki objek wisata alamnya yang sangat indah salah satunya berada di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, objek wisata tersebut yaitu Gua Jomblang atau sering disebut Gua Vertikal. Gua Jomblang memiliki mulut gua yang berada di permukaan tanah.

Wisatawan akan menuruni mulut goa yang dibagi menjadi beberapa rute yang memiliki kedalaman 15 meter hingga 80 meter. Untuk menuju ke kedalaman 15 meter, wisatawan dapat menyusuri dengan berjalan kaki. Selain itu, bagi wisatawan pemula akan diberi arahan oleh pemandu bagaimana melakukan caving sendiri.

Sesampainya di dalam, pemandangannya sangatlah indah karena banyaknya tumbuhan-tumbuhan serta terbentuknya karst yang mempercantik Gua Jamblang, diantaranya stalakmit, stalaktit, batu kristal hingga tumbuhan paku. Terdapat pula sungai yang mengalir cukup deras.

 

Menariknya, terdapat cahaya yang masuk dari celah-celah maupun mulut gua. wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan yang berada di dalam gua ini

 

Akses yang ditempuh untuk mencapai Gua Jomblang tidak terlalu jauh, dapat dicapai selama 1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta melalui rute dari Yogyakarta menuju ke Piyungan kemudian ke Patuk lalu Wonosari. Selanjutnya bisa lihat di Google Maps dan petunjuk arah yang ada di setiap jalan agar lebih jelas. Gua Jomblang buka pada pukul 08.00 sampai 14.00.

 

Untuk tiket masuk Gua Jomblang akan dikenakan tarif Rp. 450.000 sampai Rp. 1.000.000. Memang tergolong mahal untuk harga tiket, karena wisatawan harus menyewa alat dan pemandu untuk digunakan menuruni goa tersebut. Harga tiket tersebut hanya berlaku untuk satu orang saja, lalu untuk tiket parkir dikenakan tarif Rp.3.000.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA