Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Mei 2020 19:27 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Cantik dari Yogyakarta, Air Terjun Sri Gethuk

Foto 1 dari 5
diatas perahu perjalanan menuju air terjun Sri Gethuk
diatas perahu perjalanan menuju air terjun Sri Gethuk
detikTravel Community -

Yogyakarta mempunyai banyak sekali tempat wisata, salah satunya adalah objek wisata air terjun Sri Gethuk. Air terjunnya cantik!

Air terjun Sri Gethuk merupakan wisata yang belum banyak dikenali para kalangan traveler dan wisatawan. Air terjun ini sangat cocok untuk dikunjungi sebagai tempat berlibur bersama keluarga, teman maupun orang tercinta karena keindahan alamnya.

Lokasi air terjun Sri Gethuk sendiri berada di daerah Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak untuk menuju air terjun Sri Gethuk sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari kota Yogyakarta. Akses untuk menuju lokasi sangat mudah, cukup menggunakan google map atau bisa mengikuti arah petunjuk plang yang mengarahkan ke lokasi.

Selama perjalanan akan disuguhkan pemandangan seperti pegunungan dan jalan yang berkelok. Walaupun medan jalan yang dilewati cukup menanjak dan berkelok, tetapi jalan utama menuju air terjun Sri Gethuk tetap terlihat jelas sehingga tidak membingungkan untuk mencapai ke lokasi.

Untuk memasuki tempat wisata air terjun Sri Gethuk, pengunjung akan dikenakan biaya tiket retribusi sebesar Rp 15.000. setelah sampai, pengunjung harus berjalan menuruni tangga untuk ke arah tepi sungai Oya yang nantinya ada dua pilihan, ingin menggunakan perahu atau jalan kaki untuk menuju air terjun.

Biaya naik perahu tidak begitu mahal. Pengunjung cukup mengeluarkan biaya Rp 10.000 untuk dua kali perjalanan pulang-pergi. pengunjung juga bisa berjalan kaki melewati tepi sungai Oya yang jarak tempuhnya sekitar 5-10 menit.

Setelah sampai, pengunjung akan disambut dengan indahnya air terjun dan suara merdu gemricik air yang muncul dari celah bebatuan kapur. Tebing batuan kapur yang mengapit sungai Oya membuat sensai petualangan menjadi berarti ketika berkujung ke air terjun Sri Gethuk.

Air yang mengalir pun tidak terlalu deras, sehingga pengunjung bisa mandi dibawah aliran dengan aman. Selain itu pengunjung juga bisa mandi dan berendam di sungai Oya yang arus airnya tidak deras.

Tenang saja, bagi para pengunjung yang tidak pandai berenang bisa juga menyewa pelampung yang sudah disediakan. Untuk jam kunjung air terjun Sri Gethuk sendiri mulai dari pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 16.00 WIB sore.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA