Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mei 2020 18:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Eksotis Banget Bukit Pengilon Surga di Selatan Yogyakarta

Firmanda Yustiawan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Penampakan puncak bukit pengilon
Penampakan puncak bukit pengilon
detikTravel Community -

Bukit Pengilon menyuguhkan keindahan Pantai Gunungkiduldari atas. Ada di Yogyakarta.

Yogyakarta dengan kearifan lokal dan keindahan alamnya menawarkan beragam wisata alam yang istimewa. Wisata alam tersebut akan selalu memanjakan mata bagi traveler yang berdatangan ke kota gudeg ini.

 

Salah satu wisata alam yang belum banyak diketahui yaitu Bukit Pengilon. Bukit Pengilon merupakan bukit yang berada tepat di bibir pantai Gunungkidul.

 

Bukit Pengilon merupakan bukit yang berada tepat di garis pantai selatan Yogyakarta. Tempat ini berada di antara Pantai Watu Lumbung dan Pantai Siung, dari ketinggian traveler dapat menikmati keindahan pantai yang sangat indah nan eksotis. Selain itu, traveler juga dapat merasakan angin sepoi walaupun matahari terik sekalipun jika berada di atas bukit tersebut.


Baca Juga: Keindahan Tiada Dua dari Puncak Gunung Andong

 

Untuk sampai di atas Bukit Pengilon, traveler harus melewati jalan setapak terlebih dulu dari Pantai Siung ataupun Pantai Watu Lumbung yang berada di timur bukit tersebut. Saat perjalanan traveler tidak akan merasakan lelah ataupun bosan, karena di perjalanan tersebut traveler akan dimanjakan dengan keindahan alam yang disuguhkan di tempat tersebut.

 

Sesampainya di atas Bukit Pengilon, traveler akan merasakan ketenangan. Selain itu, pemandangan yang luar biasa dapat dilihat secara jelas ketika sudah sampai di puncak bukit ini dari deburan ombak yang menghantam karang, pantai-pantai sekitar bukit tersebut pun terlihat cukup jelas dan hamparan birunya laut dari ketinggian.

 

Lokasi Bukit Pengilon ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, karena bukit ini terletak di timur dan mendekati perbatasan dengan Wonogiri. Untuk alamatnya Bukit Pengilon terletak di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul.

 

Akses yang harus dilalui untuk ke tempat ini cukup jauh, jarak dari kota jogja sampai ke Bukit Pengilon sekitar 73 km, tapi tenang jalan menuju tempat tersebut sudah beraspal dan papan petunjuk arah dan Google Maps juga mempermudah traveler untuk datang ke objek wisata tersebut.

 

Rute yang dilalui mulai dari pusat kota Yogyakarta traveler harus melewati Jalan Wonosari menuju ke ibukota Wonosari. Kemudian ambil ke selatan arah Jalan Baron, kemudian lurus terus sampai Pertigaan Mulo Wonosari berbelok ke timur.

 

Baca Juga: Mencicipi Hangatnya Yogyakarta Dalam Segelas Kopi Joss

 

Kemudian, dapat dilanjutkan dengan melihat papan petunjuk arah menuju Pantai Siung atau Pantai Watu Lumbung, karena letak Bukit Pengilon ini yang berada di antara  pantai tersebut.

 

Untuk tiket masuk ke Bukit Pengilon traveler akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000, parkir sepeda motor Rp. 2.000, sedangkan untuk parkir mobil sebesar Rp. 5.000.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA