Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Mei 2020 13:57 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Konon Ini Air Terjun Tertinggi di Yogyakarta

Foto 1 dari 3
Air Terjun Perawan Sidoharjo di Kulonprogo.
Air Terjun Perawan Sidoharjo di Kulonprogo.
detikTravel Community -

Kulonprogo punya banyak destinasi wisata alam yang cantik bukan main. Salah satunya adalah Air Terjun Perawan Sidoharjo yang disebut tertinggi di Yogyakarta.

Jika Anda merasa penat dengan panas dan padatnya kota, berkunjung ke pegunungan dapat menjadi pilihan untuk sejenak menghilangkan penat. Pelarian akan semakin mantap jika di pergunungan terdapat air terjun. Destinasi semacam ini dapat kita jumpai pegunungan menorah, tepatnya di Air Terjun Perawan Sidoarjo.

Asal usul kata perawan diberikan karena air terjun ini belum dijamah orang atau wisatawan, baik lokal maupun asing. Namun versi lainnya dari penduduk sekitar kata perawan berasal dari penemuan lokasi yang pertama kali ditemukan oleh seorang gadis.

Terlepas dari uniknya nama Air Terjun Perawan Sidoarjo, objek wisata ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Air Terjun Perawan Sidoarjo ini masih sangat alami dan belum banyak pengunjung seperti air terjun lainya di Kulonprogo. Selain itu air terjun ini juga disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Yogyakarta.

Secara administratif, Air Terjun Perawan Sidoarjo berada di Dusun Gonolangu, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari kota Yogya, Air Terjun Perawan Sidoarjo dapat ditempuh dengan jarak sekitar 31 Km atau kurang lebih 1 jam perjalanan.

Akses menuju Air Terjun Perawan Sidoarjo akan lebih mudah apabila menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Namun meskipun begitu, masih tetap bisa diakses menggunakan mobil dengan perhatian dan kewaspadaan yang tinggi karena jalanya yang curam.

Dari kota Yogya kita bisa menuju ke arah barat menuju Jalan Wates. Kemudian setelah melewati jembatan Sedayu ambil arah kanan menuju Jalan Sentolo-Naggulan. Sesampai di perempatan Nanggulan ambil ke arah utara hingga bertemu perempatan Dekso. Kemudian menuju ke arah Samigaluh hingga sampai di MTs Sidoharjo. Di sekitar inilah obyek wisata alam Air Terjun Perawan Sidoarjo ini berada.

Sesampai kita di lokasi parkir kita harus berjalan kaki sekitar 10 menit menuju Air Terjun Perawan Sidoarjo ini. Pada saat sampai di lokasi, kita akan langsung disuguhi pemandangan tebing tak kurang dari 75 meter dengan kemiringan 90 derajat.

Selain itu derasnya air membentuk sebuah kolam bening di bawahnya yang dapat kita manfaatkan untuk berendam. Terlebih saat musih hujan, Air terjun Sidoharjo tak hanya memukau dengan ketinggiannya, tapi juga terasa menggetarkan dengan curahan debit airnya yang besar. Selain itu tingginya yang mencapai 75 meter membuat pengujung merasa tertimpa percikan air.

Lokasi air terjun yang berada di tengah hutan menambah kesejukan di pagi hari. Di sekitar air terjun juga masih banyak monyet berekor panjang yang berkeliaran. Jika Anda beruntung, saat pagi hari kita juga dapat menemui pelangi tepat di bawah derasnya air yang turun dari atas tebing.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA