Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Mei 2020 16:44 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menjelajah Little Netherland di Semarang

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gereja Blenduk, landmark kota lama Semarang
Gereja Blenduk, landmark kota lama Semarang
detikTravel Community -

Salah satu kawasan paling terkenal di Semarang memiliki suasana layaknya jaman kolonial. Tempat ini bernama Kota Lama, dikenal juga dengan sebutan Little Netherland.

Disebut Little Netherland karena kawasan ini memiliki suasana seperti jaman kolonial Belanda. Terletak di Jalan Suprapto, kawasan ini dihiasi gedung-gedung bergaya Eropa. Terlebih tempat ini sudah mengalami pembaharuan sehingga terlihat lebih tertata dan bersih.

Salah satu landmark kota lama adalah Gereja Blenduk. Gereja ini dibangun pada tahun 1753 dan merupakan salah satu gereja tertua di Jawa Tengah. Berfoto dengan latar gereja ini merupakan salah satu hal wajib bila berkunjung ke sini.

Di sebelah gereja terdapat Taman Srigunting. Taman ini merupakan ruang terbuka yang biasa digunakan masyarakat untuk bersantai ataupun tempat kegiatan komunitas.

Di seberang gereja berdiri Gedung Jiwasraya. Gedung ini dahulu merupakan perusahaan milik Belanda, selain itu juga pernah digunakan sebagai Balaikota Semarang. Bangunan ini memiliki ciri khas berwarna putih dan berbentuk huruf L.

Di sebelah Gedung Jiwasraya terdapat Gedung Marba. Gedung yang terletak di bagian hook ini terlihat berbeda dengan warna merah bata. Marba sendiri merupakan singkatan dari Marta Badjunet seorang saudagar Yaman. Gedung ini sering menjadi incaran berfoto.

Tidak hanya gedung-gedung klasiknya, berbagai ornamen menghiasi jalan ini. Seperti lampu jalan, air mancur dan kursi yang dipasang di sepanjang jalan ini. Ketika sore tiba, jalanan ini akan semakin ramai pengunjung. Tidak hanya berfoto, pengunjung juga bisa mencicipi beberapa jajanan dari pedagang di sekitarnya. Di sini juga ada penyewaan sepeda dan otoped.

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



BERITA TERKAIT
BACA JUGA