Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Jun 2020 18:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menawan! Bukit Kura-Kura Ongakan yang Jarang Terjamah

Gema Bayu Samudra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan gugusan bukit dengan diselimuti kabut
Pemandangan gugusan bukit dengan diselimuti kabut
detikTravel Community -

Bukit Kura-Kura Ongakan yang berada di lereng Gunung Kelud sebelah utara, Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur menjadi tempat berakhir pekan anak-anak muda setempat. Pemandangannya luar biasa.

Bukit Kura-Kura Ongakan itu memang memikat hati dan memanjakan mata karena gugusan bukit yang begitu besar dan luas. Pesonanya sudah menjerat sejak berjalan di hutan pinus.

Lokasinya cukup jauh dari Pemerintahan Kabupaten Kediri hingga 37 km dengan jarak tempuh 1,5 jam kurang. Kalau dari Kampung Inggris Pare berjarak 24 km dengan jarak tempuh 40 menit.

Baca Juga: Cahaya Surga di Gua Gajah Yogyakarta

Transportasi, Rute, Jam Buka, Fasilitas, dan HTM

Bukit Kura-Kura Ongakan hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, transportasi umum belum tersedia. Sisi positifnya, tempat ini tak terlalu ramai kendati di akhir pekan.

Biaya HTM (Harga Tiket Masuk) Rp 5.000, untuk parkir motor d'Traveler hanya perlu merogoh kocek Rp. 3000 sedangkan untuk parkir mobil Rp 20.000. 

Pengunjung juga akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 untuk berfoto di pohon cinta.

Tempat ini bulai buka pukul 06.00-17.00.

Rute menuju Bukit Ongakan dari Kecamatan Kepung berjarak 8 km, apabila sudah di Dusun Besowo Timur tinggal 4 km.

Perjalanan ke bukit pasti menanjak dan melewati hutan-hutan bukan? Tapi jangan khawatir akan tersesat, karena terdapat plang-plang petunjuk. Kalaupun tersesat biasanya sebelum memasuki area perbukitan/hutan, karena bingung harus melewati jalan-jalan perdesaan dan minimnya sinyal gawai.

Walaupun lokasinya dapat diarahkan lewat GPS (Global Positioning System), tapi alangkah lebih baik ditambah menggunakan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) agar semakin yakin.

Bukit ini punya beberapa spot foto seperti pohon cinta yang dilengkapi gardu pandang yang berada di puncak tertinggi dengan ketinggian 860 mdpl. Pendakian dimulai dari area parkir sampai puncak berjarak 100 m dan memakan waktu 20-30 menit.

Dari ketinggian ini kita dapat melihat Waduk Selorejo, Tebing Parang Putih, Sungai Lahar Gunung Kawi, Gunung Arjuna, Gunung Anjasmara, dan air mancur Gajah Mungkur.

Spot foto terbagus dengan latar belakang gugusan bukit dapat ditemui saat ditengah perjalanan pendakian. Tidak ketinggalan juga fasilitas yang memadai seperti toilet, gazebo, parkiran, dan warung makan.

Sejarah Wisata Bukit Kura-Kura Ongakan

Wisata ini tergolong baru di Kediri karena baru buka tahun 2016. Bukit Ongakan juga terbentuk dari erupsi Gunung Kelud pada pertengahan Februari 2014. Pengelola wisata ini ialah Perhutani dan karang taruna Besowo.

Sebutan kura-kura karena berjajarnya bukit-bukit dan terlihat seperti tempurung kura-kura.

Halo Traveler! Dapat Salam Nih dari Pantai Clungup

Hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum memutuskan pergi, apalagi dengan niat mengambil foto yang bagus, jangan disaat musim hujan ataupun datang disore hari karena kabut menutupi gugusan bukit dan jalanan menjadi licin.

Jangan lupa membawa baju hangat, jas hujan, dan lotion nyamuk saat menyusuri bukit karena cuaca cukup dingin dan banyak nyamuk. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima karena jalannya yang terjal dan berbatu.

 



BERITA TERKAIT
BACA JUGA