Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Jun 2020 12:54 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Wisata Alam Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Foto 1 dari 5
Kawah Bukit Kaba
Kawah Bukit Kaba
detikTravel Community -

Bengkulu menyimpan keindahan alam yang sangat sayang jika dilewatkan ketika treveler berkunjung ke Bumi Rafflesia ini. Apa saja ya tempat cantik di sana?

Wisata alam memang destinasi unggulan Bengkulu, tapi tidak lengkap rasanya jika treveler tidak mengunjungi 5 wisata alam dibawah ini ketika berwisata di Bengkulu. Apa saja 5 wisata alam tersebut? Berikut 5 wisata alam yang sangat disarankan ketika kalian datang ke Bengkulu:
 

1. Bukit kaba

Wisata alam pertama yang wajib treveler kunjungi adalah bukit kaba. Terletak di Kabupaten Rejang Lebong, Kota Curup, Provinsi Bengkulu merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Rejang Lebong dengan ketinggian 1.938 mdpl.

Puncak bukit kaba dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dari pos pendakian. Dengan ketinggian dan waktu tempuh yang singkat sangat cocok untuk pendaki pemula yang ingin melihat keindahan kota sejuk curup dari atas puncak. Selain itu puncak bukit kaba juga menyajikan keindahan dua buah kawah berwarna hijau.

Untuk mendaki bukit kaba ini treveler bisa memilih salah satu jalur. Jalur pertama adalah jalur hutan yang menyuguhkan pemandangan hutan yang penuh dengan pepohonan rindang. Jalur kedua bisa treveler tempuh menggunakan sepeda motor karena medan yang dilalui sudah dikeraskan dengan aspal.
 

2. Pantai laguna

Pantai merupakan wisata alam yang paling banyak diminati banyak orang karena keindahan yang sangat memanjakan mata dan juga sangat menyegarkan. Di Bengkulu terdapat banyak pantai yang indah, salah satunya Pantai Laguna. Pantai ini terletak pesisir Desa Merpas, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Pantai ini mendekati perbatasan Bengkulu dan Lampung.

Disebut sebut sebagai Bali-nya Sumatra, Pantai Laguna menyuguhkan hamparan pasir putih dan air laut yang hijau nan jernih. Ombak di pantai ini juga tidak berbahaya dan sangat cocok untuk treveler yang suka mandi air laut karena air pantai yang tenang. Tak jarang treveler akan menemui warga sekitar yang sedang mencari gurita, treveler juga bisa mencoba pengalaman baru mencari gurita yang merupakan bahan makanan khas masyarakat sekitar pantai laguna.

Treveler juga dapat berswafoto di sekitar pantai dengan latar yang sangat menarik. Pantai ini dihiasi juga dengan fasilitas berfoto seperti ayunan, lambang hati, dan juga hiasan payung. Untuk dapat memasuk pantai ini cukup membayar Rp 10.000/orang.
 

3. Air Terjun Palak Siring Kemumu

Bengkulu Utara merupakan daerah yang dianugrahi keindahan berbagai air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Palak Siring yang terletak di Desa Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Bengkulu Utara.

Untuk dapat memasuki Kawasan Air Terjun Palak Siring ini treveler cukup membayar biaya parkir Rp 3.000.

Saat memasuki Kawasan Air Terjun setinggi 30 meter ini treveler akan meneruskan perjalanan dengan menuruni sekitar 200 anak tangga yang merupakan peninggalan penjajah Belanda. Saat berjalan menuruni anak tangga treveler akan melihat pemandangan hutan yang terasa sejuk dan langit yang ditutupi kanopi. Air Terjun Palak Siring akan ditemui setelah menuruni semua anak tangga. Saat tiba di Air Terjun treveler akan merasakan kesejukan Air Gunung dan dapat bersantai diatas bebatuan yang berukuran besar, treveler juga bisa mandi jika cuaca sedang mendukung.

Wisata alam ini juga merupakan habitat bunga langka nan khas dari Bengkulu, yaitu Bunga Rafflesia.
 

4. Lorong Watu

Tak jauh dari Wisata Air Terjun Palak Siring treveler dapat mengunjungi wisata alam lainnya yang tak kalah menyejukkan mata. Lorong Watu, pintu masuk menuju wisata sungai ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari wisata Air Terjun Palak Siring.

Lorong watu berasal dari Bahasa jawa yang berarti Lorong batu, nama ini diberikan karena warga desa kemumu yang rata-rata merupakan warga imigran dari jawa dan pemandangan air yang diapit dinding batu seolah olah terlihat seperti Lorong.

Memasuki objek wisata ini treveler cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000. Setelah itu treveler akan melewati jembatan gantung sebelum tiba di lokasi sungai ini.

Saat tiba di sungai ini treveler akan dimanjakan dengan suasana hutan yang tenang, bersih, dan sejuk. Mata akan terpana dengan air yang hijau dan jernih. Wisata ini memang banyak didatangi untuk sekadar mandi dan menghabiskan waktu bersama teman-teman atau keluarga.
 

5. Kebuh Teh Kabawetan

Satu lagi wisata alam yang akan memanjakan mata treveler dengan hamparan warna hijau. Kebun Teh Kabawetan terletak di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu merupakan wisata perkebunan teh peninggalan penjajah Belanda.

Luas perkebunan ini adalah 360.000 hektar. Pemandangan daun teh yang hijau akan treveler lihat setelah memasuki gerbang utama. Sepanjang jalan perkebunan treveler dapat menikmati pemandangan di kiri dan kanan yang begitu sejuk dan hijau. Treveler juga dapat melihat para pemetik teh memetik pucuk teh di pagi hari.
 

Selain pemandangan hijaunya daun teh, treveler juga dapat berswafoto pada beberapa objek yang telah disediakan oleh pengelola. Untuk dapat berfoto-foto treveler cukup membayar biaya parkir Rp 2.000 saja. Sejuknya hamparan warna hijau daun teh yang tak berhenti hingga ujung mata memandang membuat perkebunan teh ini menjadi wisata alam yang sangat disarankan jika berkunjung ke Bengkulu.
 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA