Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2020 14:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Klenteng Ini Bikin Kamu Serasa di China

Angelica Sekar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Klenteng Sam Poo Kong (utama)
Klenteng Sam Poo Kong (utama)
detikTravel Community -

Jalan - jalan ke Semarang? Kamu wajib memasukkan Klenteng Sam Poo Kong. Rasanya seakan berada di zaman kekaisaran China

Menjadi ibu kota Provinsi Jawa Tengah sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, membuat Kota Semarang sering dikunjungi oleh wisatawan baik itu lokal ataupun mancanegara karena banyaknya pilihan tempat wisata yang menarik. Nah, buat kamu yang suka wisata ziarah dan sejarah, belum lengkap rasanya kalau belum mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong.

Klenteng Sam Poo Kong adalah tempat ibadah agama Tri Dharma yang berlokasi di Jalan Simongan, Semarang yang menyimpan banyak sejarah. Klenteng Sam Poo Kong ini didirikan sebagai bentuk penghormatan kepada Cheng Ho , seorang laksamana muslim yang berasal dari Tiongkok yang saat itu sempat singgah di Pantai Simongan karena kapten kapal Wang Jing Hong jatuh sakit. Sebuah gua batu lah yang pada saat itu digunakan untuk beristirahat Laksamana Cheng Ho dan juga untuk merawat kapten Wang Jing Hong.

Bangunan megah dan mewah yang didominasi warna merah, strukturnya yang menyerupai bangunan kerajaan China pada masa lampau, serta relief yang berada di dinding memberikan vibe yang berbeda bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Seakan - akan kita berada pada masa kekaisaran China dahulu kala, ditambah lagi suasananya yang teduh dan tenang sehingga membuat kita betah untuk hanya sekedar duduk - duduk atau berfoto.

Ngomongin soal foto, kamu bisa kok berfoto di klenteng ini. Cuma yang harus diingat adalah tetap jaga sikap dan perkataan ya, karena bagaimanapun juga ini adalah tempat ibadah. Selain itu taati peraturan yang berlaku di sana dan jangan ngeyel.

Kamu juga bisa sewa pakaian ala kaisar China untuk berfoto di sini lengkap dengan propertinya biar fotomu makin keren. Kalau haus atau lapar jangan khawatir,karena di dalam dan luar area klenteng ada yang menjual minuman, makanan ringan, bahkan makanan berat.

Untuk tiket masuk di area wisata, kamu akan dikenakan tarif Rp 7.000 di hari biasa dan Rp 8.000 saat weekend. Sedangkan untuk tiket masuk area wisata dan sembahyang, kamu dikenakan tarif Rp 27,000 di hari biasa dan Rp 28,000 pada saat weekend. Lalu untuk akses ke Sam Poo Kong,kamu disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan Trans Semarang dengan tarif Rp 5.000.

So, jangan lupa mampir ke sini ya kalau kamu pergi ke Semarang.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA