Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jun 2020 15:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ngeri-Ngeri Sedap Menatap Pantai Baron dari Mercusuarnya

Gema Bayu Samudra
d'travelers
Foto 2 dari 5
Bangunan Mercusuar Tanjung Baron
Bangunan Mercusuar Tanjung Baron
detikTravel Community -

Pantai Baron yang terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta ini memiliki air yang biru. Juga, mercusuar yang tingginya mencapai 40 meter.

Ikon Pantai Baron itu berdiri sejak tahun 2014 dan masih aktif hingga sekarang. Letak mercusuar tak jauh dari pantai, sekitar 10 menit berjalan kaki. Lokasinya berada di timur pantai. Dari pantai, mercusuar ini terlihat jelas.

Untuk mencapai mercusuar ini pertama kita harus menaiki tangga yang ada di sebelah timur pantai. Uniknya, tangga itu terbuat dari bambu, saat menaikinya agak goyang-goyang jadi bikin takut sendiri.

Setelah selesai naik tangga kita bisa lihat pemandangan Pantai Baron yang lebih indah. Pemandangan yang jauh dari ketinggian ini saja kita terpesona akan pantai dan kapal-kapal nelayan yang berjejeran.

Baca Juga: 3 Pesona Alam Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Apalagi, melihatnya dari ketinggian mercusuar, pemandangan yang disuguhkan lebih luas dan 360 derajat. Tapi untuk melihat pemandangan yang lebih indah ini perlu usaha dan nyali menaikinya. Perlahan-lahan menaiki tangga semaking tinggi, bikin takut karena kita bisa melihat keluar dari jendela-jendela kecil mercusuar.

Perlu diperhatikan jumlah orang yang menaiki mercusuar hingga yang paling tinggi, sekitar 10 orang saja. Tidak hanya bagian yang tertinggi, mercusuar ini juga punya 3 bagian, yaitu yang paling pendek, menengah, dan kedua tertinggi.

Kondisi paling atas mercusuar terbilang banyak angin, terpaan angin kencang diketinggian ini ternyata menambah kengerian. Tapi, kengerian itu berbalut rasa senang melihat pemandangan dengan pandangan 360 derajat. Traveler dapat melihat jelas Pantai Baron, laut yang begitu luas, dan pegunungan Kapur ciri khas Gunung Kidul.

Untuk menaiki mercusuar di Pantai baron itu, traveler dipungut biaya sebesar Rp 2.000. Saya jamin harga itu tidak sebanding dengan pemandangan dari atas.

Sebelum menikmati pemandangan dari mercusuar kita harus merogoh kocek masuk Pantai Baron sebesar Rp 10.000, parkir mobil Rp 5.000, motor Rp 2.000, dan bus Rp 20.000.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA