Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jun 2020 16:24 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Perjalanan Mengasyikkan ke Kawah Talaga Bodas Seusai PSBB

Foto 2 dari 5
Talaga Bodas
Talaga Bodas
detikTravel Community -

Tempat wisata di Kabupaten Garut sudah kembali dibuka pada bulan Juni ini.Terus kemana asyiknya buat traveling setelah sekian lama terkurung di rumah akibat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Rekomendasi saya untuk tempat wisata di Garut adalah, Talaga Bodas, yang terletak di Wanaraja, Garut Jawa Barat.

Baca juga: Tempat Wisata di Garut Dibuka Lagi 2 Juni

 

Awalnya pada suatu malam saya merasa ingin berlibur dan kebetulan malam itu malam minggu, namun saya bingung mau berlibur kemana? Sebenarnya sih saya ingin berlibur dari beberapa hari yang lalu setelah PSBB Jawa Barat dan Garut berakhir. Setelah mencari referensi akhirnya saya putuskan kemana saya harus berlibur tapi tempatnya wisata lokal, lalu saya mengajak seseorang untuk menemani liburan / penjelajahan saya ke Talaga Bodas, Wanaraja, Garut.

Pada tanggal 14 Juni 2020 saya bergegas untuk berangkat ke lokasi tujuan. Saya mulai berangkat sekitar pukul 09:00 WIB dari Kersamanah, lumayan dekat ke tempat tujuan yaitu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Perjalanan saya menggunakan motor matik, ya motor matik yang bisa nanjak ke puncak Gunung. Di perjalanan saya tidak menemukan kendala yang berarti, akses jalan pun mudah dilalui dan sekitar 80% jalannya bagus, namun ketika 20% lagi mau sampai jalannya lumayan membuat bergetar karena bebatuan. Untungnya motor matik saya bisa lewat meski ada boncenger yang menemani menemani saya.

Baca juga: KAI 'Hidupkan' Jalur Cibatu-Garut, Ini Tempat Wisata di Garut yang Keren

Di perjalanan saya disuguhi oleh pemandangan yang indah dengan lahan pertanian yang digarap oleh masyarakat sekitar. Saya juga menemukan banyak tempat pembuatan batako rumahan di sepanjang jalan.

Jalanan yang nanjak pun menjadi tak terasa, karena sajian yang indah dan bagus untuk dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Semakin ke atas udaranya juga semakin sejuk dengan angin yang sepoi-sepoi, membuat tubuh merasa segar. Jalanan juga muat dilalui oleh mini bus atau elf. Bagaimana sudah enak kan akses jalannya?

Saya pun sampai ke gerbang masuk, lalu saya membayar tiket. Di situ juga langsung masuk ke tempat parkir kendaraan roda 2 maupun roda 4, tak disangka banyak pengunjung yang datang dan banyak orang yang berjualan seperti membuka warung kopi dan lesehan yang dijadikan tempat istirahat, karena sebenarnya di lokasi itu tidak boleh ada yang berjualan dan kendaraan pun tidak boleh masuk kecuali ojek khusus angkutan dari parkiran ke lokasi, itu pun dikenakan tarif. Saya pun beristirahat sejenak untuk menikmati secangkir kopi di warung kopi dan lesehan tersebut.

Selesai beristirahat, saya pun melanjutkan perjalanan ke Lokasi utama. Niat awal sih berjalan kaki, namun ada ojek yang menawarkan tumpangan jadinya saya merasa kasihan dan saya pun naik ojek ke atas.

Singkat perjalanan, saya sampai di lokasi dan saya pun merasa bahagia, senang yang sulit diungkapkan dengan kata kata. Saya pun langsung mengabadikan momen pertama ditempat itu dengan berfoto dan merekam video mengungkapkan perasaan bahagia saya ketika pertama kali selama hidup menjadi orang Garut baru menginjakkan kaki dan mengetahui betapa indahnya wisata "Talaga Bodas".

Tak berlama lama saya pun langsung menjelajahi area Talaga Bodas tersebut, tempatnya indah, kebersihannya terjaga, nuansa alami talaga pun lebih terasa ditambah dengan aroma belerang yang khas. Saya terus berjalan dan menemukan bukit bukit bebatuan putih yang bagus untuk dijadikan spot berfoto. Saya menemukan pemandian air panas dan air curug kecil di sekitar pemandian.

Pemandiannya gratis untuk berendam dengan air panas yang disajikan oleh pemandian tersebut, namun tempat ganti bajunya berbayar. Di sana juga banyak lesehan kosong untuk beristirahat sambil menikmati indahnya pemandangan Talaga Bodas, cocok juga untuk buka bekal yang dibawa dari rumah. Mushola pun ada, jadi jangan khawatir bagi muslim yang mau sholat.

Eits, saya juga mencoba untuk berendam di kolam air panas tersebut karena menarik dan sayang untuk dilewatkan. Airnya beneran panas, namun karena ada beberapa kolam jadinya dari kolam pertama itu airnya panas, kolam kedua airnya agak panas dan kolam ketiga airnya terasa hangat. Bisa bervariasi gitu ya tingkat kepanasan airnya. Selesai berendam saya pun ganti baju dan bergegas untuk pulang, namun di tengah perjalanan ke tempat parkir masih di area talaga saya pun membuka bekal bawaan saya untuk disantap di tempat lesehan, abis berendam pasti perut terasa laper loh.

Selesai saya makan lalu saya melanjutkan perjalanan untuk pulang. Namun bagi kalian yang udah tahu maupun belum tahu, yang pernah maupun yang belum pernah, yang jauh maupun yang dekat, pesan saya "Tong hilapnya dongkap ka Talaga Bodas, Wanaraja, Garut Jawa Barat." (Jangan lupa datang ke Talaga Bodas, Wanaraja, Garut, Jawa Barat).

Saya jamin kalian akan menemukan kepuasan tersendiri seperti yang saya rasakan dan saya alami sendiri.

Baca juga: New Normal, Pariwisata di Garut Kembali Bergeliat

 



BERITA TERKAIT
BACA JUGA