Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jul 2020 12:39 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rekomendasi 4 Objek Wisata Asyik di Bintan

Yoga Wicaksono
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pulau Penyengat tempat wisata budaya melayu
Pulau Penyengat tempat wisata budaya melayu
detikTravel Community -

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya Pulau Bintan yang letak geografisnya berada di Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau ini memang sangat berdekatan dengan Pulau Batam. Namun pulau ini belum banyak dikunjungi oleh para pelancong seperti halnya pulau-pulau wisata lain di Indonesia, seperti Bali dan Lombok.

Di balik itu semua Pulau Bintan menyimpan keindahan alam yang tak kalah apik, sehingga cocok bagi kamu yang ingin liburan ke tempat yang anti mainstream. Apalagi, sekarang sudah banayak tempat wisata baru di Bintan yang tentunya membuat pengalaman liburan semakin seru.

Apa sajakah? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Pulau Penyengat

Kalau kamu berkunjung ke Pulau Bintan belum lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke Pulau Penyengat. Pulau yang terletak di seberang Kota Tanjung Pinang ini hanya membutuhkan waktu 15 menit menyeberang laut dengan menggunakan perahu sewaan.

Saat berkunjung ke sini ada banyak objek menarik di pulau ini. Favorit kami adalah Masjid Sultan Raya dengan warna cerahnya yang bisa jadi perhentian pertama kamu karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari dermaga.

Bangunan ini sangat mengesankan dengan kombinasi warna hijau dan kuning. Menurut cerita masyarakat setempat, masjid ini dibangun menggunakan putih telur dan mesjid ini terbuka untuk umum tanpa pandang agama.

Perlu kamu ketahui aturan utama di sini adalah harus melepas alas kaki dan berpakaian sopan (lutut dan bahu tertutup serta kalau bisa pakai baju lengan panjang). Yang menjadi daya tarik selain Masjid Sultan Raya yaitu terdapat sebuah komplek makam yang di dalamnya ada makam Raja Ali Haji, seorang penyair terkenal, sarjana serta sejarahwan yang dikenal sebagai salah satu orang pertama yang menulis panduan bahasa Melayu di tahun 1800-an.

Di dalam komplek makam ini juga ada beberapa makam anggota keluarganya yang sangat dikenal termasuk Raja Hamidah. Saat berkunjung ke sini terlihat beberapa pengunjung lain yang sedang berdoa dan membaca ayat Quran di depan makamnya. Cocok buat kamu yang ingin berwisata sambal belajar sejarah.

2. Treasure Bay Bintan

Memang nama Treasure Bay Bintan belum banyak dikenal luas, perlu diketahui Treasure Bay Bintan merupakan kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Treasure Bay Bintan menawarkan tempat wisata unik berupa kawasan wisata yang luas, dengan ikon unik yang terkenal berupa kolam renang sebesar 6,3 hektar (crystal lagoon).

Kolam renang di sini berkonsep seperti halnya di pantai. Daerah pinggir kolam di buat melandai dan di lapisi fiber putih yang seolah menyerupai pasir laut.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini selain berenang yaitu ada berbagai permainan dan arena yang juga bisa anda manfaatkan. Di sekeliling kolam renang terdapat track pejalan kaki untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin berkeliling.

Selain itu, Anda juga bisa bermain kayak, paddle boarding, jet sky ataupun water sport lainnya disini. Tak hanya itu, diinginkan kita bisa berkeliling area kolam renang dengan segway ataupun scooter yang disediakan.

3. Patung Seribu

Vihara Patung Seribu Wajah sebenarnya memiliki nama resmi Ksitigarbha Bodhisattva. Namun demikian, keberadaan 500an patung dengan rupa berbeda membuat tempat ini lebih dikenal warga sekitar sebagai vihara Seribu Wajah. Saking uniknya, kawasan ini belakangan menjelma sebagai ikon wisata anyar Tanjung Pinang, Bintan.

Biasanya masyarakat Budha sering melakukan ibadah di sini. Jangan kawatir tempat ini juga dibuka untuk masyarakat umum yang hanya sekedar menikmati arsitektur bernuansa China. Akses menuju ke sini sangat lah mudah, letaknya tidak jauh dari pusat kota Tanjung Pinang.

Tiket masuknya juga terjangkau. Setiap pengunjung yang ingin berkunjung hanya di kena kan tiket masuk Rp 5000. Saat ke sini jangan lupa bawa kamera terbaik dan kenakan outfit paling keren. Ada banyak spot bagus di Vihara Patung Seribu.

4. Pantai Trikora

Pulau Bintan terkenal dengan kekayaan alam bahari nya yang sangat luar biasa, tak kalah dengan Bali, di Pulau Bintan juga dapat menjumpai sejumlah pantai pasir putih. Salah satunya Pantai Trikora.

Pantai Trikora terletak di Desa Rapat Malang, Kabupaten Gunung Kijang, Pulau Bintan. Jika memulai perjalanan dari Tanjung Pinang, maka harus menempuh perjalanan sejauh 45 mil ke arah timur.

Pantai ini terdiri dari 4 bagian yaitu Trikora 1, 2, 3, dan 4. Menurut masyarakat sekitar, nama Trikora ini berasal dari nama three corral, yang diberikan oleh wisatawan asing yang saat itu berkunjung ke pantai ini.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA