Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Agu 2020 10:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

10 Kuliner Favorit yang Harus Dicoba di Medan

Ivonesuryani
d'travelers
Foto 5 dari 5
Oleh-oleh terhits, nih.
Oleh-oleh terhits, nih.
detikTravel Community -

Medan tak ubahnya muara tempat bertemunya bermacam ragam etnis. Potret multi etnis inilah yang menjadikan kuliner di Medan begitu kaya.

Medan tak ubahnya muara tempat bertemunya bermacam ragam etnis. Secara garis besar, Medan dihuni oleh etnis Melayu, Batak, Jawa, berpadu dengan etnis India dan Tionghoa. Potret multi etnis inilah yang menjadikan kuliner di Medan begitu kaya.

Saya punya 10 rekomendasi makanan yang biasanya dicari para foodie ketika ke Medan. Apa saja? Check it out!

1. Bihun Bebek Asie Kumango

Kalian pencinta kuliner berbahan dasar bebek? Ada yang legend banget nih di Medan. Bihun Bebek Asie Kumango!
Daging bebeknya diiris tebal dan empuk. Kuahnya gurih banget karena dihasilkan dari puluhan bebek yang direbus untuk diambil kaldunya.

Kalian bisa menikmati Bihun Bebek Asie Kumango di Jalan Kumango, Kesawan, Medan, dengan harga Rp 60.000 per porsi. Harga yang relatif mahal, tapi sebanding dengan rasanya. Jangan kesiangan ya, rumah makan ini buka hanya pada pagi hari, dari pukul 6.30-11.00 WIB.

2. Soto Kesawan

Di Medan, ada soto yang kelezatannya telah kondang sejak tahun 1952. Nama kedainya Soto Kesawan, berada di Jalan A. Yani No. 116, Kesawan, Medan. Selain ada soto daging sapi dan ayam, di sini ada soto udang, lho. Kuah santannya ringan, tidak terlalu kental dan rasanya gurih.

Kedai yang buka pada pukul 08.00-15.30 WIB ini selalu ramai pengunjung. Karena Kedai Soto Kesawan buka sejak pagi, jadi kalian bisa sarapan di sini.

3. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin, ini salah satu tempat sarapan favorit di Medan. Berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro No. 8 M, hanya sekitar 10-15 menit dari pusat kota Medan. Kedai Lontong Kak Lin buka pada pukul 07.30-16.30 WIB saat Senin sampai Sabtu dan pukul 07.30-13.30 WIB pada hari Minggu.

Di sini tersedia berbagai macam variasi lontong, tapi yang paling dicari pengunjung adalah lontong sayur atau lontong pecel.

4. Es Krim dan Kue di Tip Top

Inilah restoran Tip Top yang melegenda di Medan. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Aneka hidangan dengan resep kuno menjadi andalannya.

Untuk menikmati es krim dan kue-kue rasa legendaris, datang saja ke Tip Top yang berada di Jalan A. Yani No. A-B, Kesawan, Medan. Resto ini buka dari pukul 08.00-23.00 WIB.

5. Mie Sop Methodist

Kalau ke Medan, saya selalu menyempatkan untuk menikmati mie sop kali lima rasa bintang lima ini. Kedai Mie Sop Umi Hajjah Siran atau lebih dikenal dengan Mie Sop Methodist ini berada di Jalan Hang Tuah, simpang Jalan Cik Ditiro, Medan. Kedai ini buka dari pukul 11.00-15.00 WIB.

Walau kaki lima, harga dan rasaya premium, lho. Seporsi mie sop dibandrol Rp 30.000. Harga yang pantas untuk semangkuk mie dengan topping irisan daging sapi asli.

6. Gulai Kepala Ikan

Mau makan siang dengan menu khas Melayu? Ke Kedai Ayah saja. Cobain top menu di sini, gulai kepala ikan. Kedai Ayah buka pada pukul 11.00-17.00 WIB.

Rumah makan yang berada di Gang Langgar, Jalan TB Simatupang, Sunggal, ini berada di pinggir anak sungai. Cuaca yang agak terik saat saya makan siang di sini, teredam oleh gemericik suara air mengalir.

7. Mie Rebus Kampung Keling

Satu lagi makanan khas yang harus kalian coba jika ke Medan, yaitu mie rebus. Favorit saya adalah Mie Rebus Pak Ramli, dikenal juga dengan Mie Rebus Kampung Keling.

Mie ini dijual di gerobak yang mangkal di simpang Jalan Pagaruyung, tidak jauh dari Sun Plaza, Medan. Walau dijual di kaki lima, tapi rasanya mantab. Banyak pengunjung yang datang dari luar kota untuk menikmati sepiring mie rebus di sini. Kedai Pak Ramli buka pada pukul 16.00-02.00 WIB.

8. Pancake Durian

Medan terkenal dengan kelezatan duriannya. Selain dimakan langsung, durian juga bisa diolah dan dinikmati dalam berbagai tampilan dengan tetap mempertahankan rasanya yang khas. Di Medan, ada olahan durian yang sangat hits, yaitu pancake durian.

Saya paling suka pancake durian yang dijual di Resto Nelayan, Sun Plaza Mall, Medan. Resto ini buka dari pukul 11.00- 22.00 WIB. Menurut saya, pancake di Resto Nelayan yang paling jago rasanya.

9. Bika Ambon

Ada banyak versi yang melatari penggunakan kata Ambon pada nama kue ini. Salah satunya, kue yang awalnya tanpa nama ini dinikmati sekelompok pekerja asal Ambon dan mereka sepakat menamainya dengan nama kota asal mereka.

Untuk mendapatkan kue tradisional yang menjadi salah satu ikon kuliner Kota Medan ini, kita bisa membelinya di toko-toko yang menjual Bika Ambon di sepanjang Jalan Majapahit, Medan.

10. Bolu Gulung Meranti

Nah, ini oleh-oleh yang paling populer di Medan. Katanya, nih, tidak afdol kalau pulang dari Medan tak membawa Bolu Gulung Meranti.

Ada banyak varian rasa Bolu Meranti, tapi yang paling saya suka bolu gulung isi keju dengan topping keju juga. Rasanya mantab, perpaduan keju, cream dan bolu yang lembut.

Kita bisa membeli Bolu Meranti di Jalan Kruing No. 2K, Sekip, Medan, atau di toko oleh-oleh khas Medan yang ada di Bandara Kualanamu.

Jangan hanya dipandang atau dibayangkan apa rasa kuliner-kuliner lezat di atas. Pastikan Medan akan menjadi tujuan wisata kuliner kalian dalam waktu dekat.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA