Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Agu 2020 10:29 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Waduk Sermo, Tempat Kemping Murah Meriah di Kulonprogo

Wahyu
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Kulonprogo kini mulai dikenal sebagai salah satu pesona Jawa Tengah. Kamu yang mau kemping murah meriah, bisa datang ke Waduk Sermo.

Kalau kalian berwisata ke Yogyakarta jangan lewatkan untuk berwisata ke Waduk Sermo, salah satu Waduk yang berada di Kulonprogo yang begitu menawan.

Waduk ini merupakan salah satu potensi wisata dan edukasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Apalagi bukit-bukit yang mengelilingi Waduk Sermo menjadikan pemandangan semakin indah.

Waduk Sermo ini memiliki danau yang begitu jernih dengan warna kehijauan yang natural. Sekekelingnya dipenuhi beberapa pepohonan yang rimbun dan begitu hijau. Ditambah lagi, rerumputan yang menutupu seluruh permukaan tanha membuat keindahannya semakin bertambah.

Udara Waduk begitu segar dan sejuk, bahkan disiang hari saja pun pengunjung merasa tidak merasakan gerah. Meskipun mataharinya sedang bersonar begitu terik. Menikmati keindahan Waduk Sermo menjadi sangat lengkap dengan hempusan angin yang perlahan memberikan kelembutan.

Traveler yang ingin bermalam ataupun camping di Waduk Sermo dengan disuguhi beberapa pemandangan hamparan tandus rumput hijau yang tepat berada di pinggiran waduknya.

Sambil kemping dengan santai dan melihat pemandangan yang begitu eksotis saat momen matahari saat senja datang. Tidak sedikit anak-anak muda dan pengemar fotografer yang menunggu sore hari hinggan tenggelamnya matahari di Waduk Sermo untuk menjadi momen yang begitu pas.

Selain pesona keindahanya alamnya, waduk ini juga seringkali menjadi lokasi berbagai kegiatan. Seperti pelatihan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk misi penyelamatan. Digunakan juga sebagai ajang perlombaan perahu naga atau lomba dayung. Ditambah lagi berbagai kegiatan outdoor mulai dari sekolah, kampus, organisasi, perusahan, hingga pemerintahan.

Budget untuk masuk Waduk Sermo merogoh kocek sebesar Rp.6.000/Orang untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp.2.000, Mobil sebesar Rp.5.000, bus sebesar Rp.10.000, dan Foto di gardu sebesar Rp.10.000 per orang

Selain itu, Waduk Sermo juga menyediakan beberapa fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan wisatawan seperti Penginapan, Warung Makan, Toilet Umum, Penyewaan perahu, Tenda dan berbagai fasilitas yang ada.

Lokasi Waduk Sermo sendiri berada di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta sendiri untuk dapat menempuh pejalanan sekitar 53 kilomenter atau hampir 2 jam.

Waduk Sermo berada di sebelah Barat Kota Yogyakarta. Waduk Sermo juga sangar dekat dengan tempat wisata lainya sepertu Wisata Alam Kaliburu dan Canting Mas Puncak Dipowono.

Selain bisa menggunakan jalur Wates, Kamu juga bisa menggunakan jalur Godean Menuju Naggulan. Namun akan sangat mudah jika melewati jalur wates karena jalan relatif memadai untuk kendaran pribadi.

Waduk Sermo sangat cocok untuk kalian yang ingin mengahabiskan akhir peka bersama keluarga, pacar, sahabat, dan teman terdekat kalian. Waduk Sermo salah satu pilihan untuk kalian yang ingin bewisata sambil menimati alam dan keindahan yang masih terjaga.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA