Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Agu 2020 15:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Wisata Sekitar Candi Borobudur Untuk Libur 17an

Foto 1 dari 5
Candi Borobudur
Candi Borobudur
detikTravel Community -

Candi Borobudur memang jadi destinasi favorit untuk liburan singkat. Selain candi ada juga beberapa tempat wisata yang bisa kamu sambangi di sana.

Liburan ke Jawa Tengah nggak bakal lengkap kalau belum mampir ke Borobudur. Yap, candi Buddha terbesar di dunia ini adalah destinasi wisata kebudayaan kelas dunia yang sarat akan sejarah. Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang berbondong-bondong untuk liburan di sana.

Ada juga yang tertarik untuk mengulik kisah di balik kemegahan Candi Borobudur. Terletak di Magelang, Borobudur pun juga dikelilingi banyak sekali spot wisata alam yang nggak kalah menariknya. Mulai dari kawasan danau, gunung hingga bukit hijau cocok buat kamu yang ingin dapat panorama berbeda.

Borobudur menjadi salah satu candi atau kuil terbesar yang ada di dunia. Candi ini memiliki bentuk bujur sangkar pada bagian atasnya. Terdapat 16 teras, 3 pelataran yang melingkar. Bagian dinding candi juga dihiasi dengan panel relief 2.672, dan 504 arca Budha. Borobudur menjadi salah satu candi dengan relief Budha yang terlengkap dan terbanyak di dunia.

Wisata Candi Borobudur

Borobudur ini memiliki banyak keindahan yang sangat populer dikalangan fotografi dunia baik mancanegara maupun wisatwan lokal. Keindahan yang dimiliki candi ini dapat dilihat dari banyaknya hiasan panel relief dengan jumlah 1.460, dengan panjang 2 meter pada setiap panel. Tidak hanya memamerkan keindahannya saja, akan tetapi relief ini juga menyimpan makna tersendiri yang sangat mendalam. Keindahan lain yang ada pada candi ini yaitu pada bola vulkanik dengan susunan yang sangat megah dan tidak akan tertandingi oleh bangunan mana pun. Pahatan relief pada candi ini pun juga memberikan nilai seni yang sangatlah tinggi. Di sana kamu dapat berfoto selfi dengan bangunan megah yang dimiliki Borobudur ini. Selain tampilan bangunan megah dan indah, keindahan pemandangan bukit-bukit yang ada di sekitar candi sangat mempesona.

Tak hanya Candi Borobudur saja wajib diku jungi saat berlibur ke Jawa Tengah. Berikut desinasi wisata alam yang menawan di sekitar Candi Borobudur

1. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo merupakan gunung yang berada di Kabupaten Semarang dan kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Telomoyo bisa dilihat dari Kota Salatiga, Secang, dan Ambarawa. Gunung Teomoyo diapit oleh Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu. Waktu yang pas untuk berwisata ke Gunung Telomoyo adlah pada saat pagi atau sore hari. Ketika menimati sunrise ataupun sunset disana, dijamin rasa letih sekaligus stress akan hilang.

2. Puncak Suroloyo

Bisa dibilang Puncak Suroloyo juga merupakan ujung dari Kabupaten Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang di sisi utaranya. Hamparan terbuka sisi utara sudah masuk Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah.

Saat cuaca cerah, pemandangan di Puncak Suroloyo begitu menakjubkan. Terlihat Gunung Merapi dan Merbabu di sisi timur. Sementara jauh di kaki langit sebelah utara, tampak Gunung Sumbing yang menjulang begitu tinggi.

Biasanya Puncak Suroloyo paling pas dikunjungi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit atau terbenam. Obyek wisata ini juga pas untuk aktivitas camping karena menyajikan pemandangan malam yang tidak kalah indah.

Candi Borobudur dari jarak sekitar 5.000 meter Jika diamati dengan saksama, beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Magelang juga tampak dari Puncak Suroloyo. Hal ini bisa dilakukan saat cuaca cerah, ketika tidak ada kabut tebal yang menghalangi pandangan.

Salah satu obyek wisata paling terkenal yang turut bisa disaksikan dari Puncak Suroloyo adalah Candi Borobudur. Namun, bukan berarti salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu bisa ditemukan dengan mudah dari Puncak Suroloyo.

3. Punthuk Setumbu

Salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari sana kita dapat meikmati cantikny Candi Borobudur yang diselimuti oleh kabut yang tebal. Di tempat tersebut terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi digunakan duduk meninanti matahari terbit.

4. Embung Kledung

Embung Kledung adalah spot terbaik untuk melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di areal perbukitannya. Bahkan ada yang membandingkan pemandangan embung berlatar gunung Sindoro bagian Selatan ini dengan pemandangan Danau Kawaguchi berlatarkan Gunung Fuji.

Pemandangan yang disuguhkan adalah latar belakang Gunung Sumbing yang begitu cantik. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang berkunjung. Selain itu, Teman Traveler juga akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Sindoro yang tak kalah cantik.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA