Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Sep 2020 09:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenal Seremban, Ibu Kota Negeri Sembilan Malaysia

Lena Ellitan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Suasana lorong-lorong kota Seremban.
Suasana lorong-lorong kota Seremban.
detikTravel Community -

Malaysia tak hanya punya Kuala Lumpur. Ada juga Seremban yang merupakan sebuah kota dan ibu kota Negeri Sembilan, Malaysia.

Seremban dapat ditempuh dari Kuala Lumpur lebih kurang 1 jam dengan mengendarai bus dari Terminal Pudu Raya dengan merogoh kocek sekitar 6 MYR.

Seremban didirikan sebagai Sungei Ujong (atau Sungai Ujong), dinamai berdasarkan sungai terdekat di kota dengan nama yang sama. Sementara kota ini berganti nama menjadi Seremban, nama Sungai Ujong tetap bertahan sebagai nama jalan untuk sebuah jalan yang berbatasan dengan sisi selatan kota (Jalan Sungai Ujong).

Berjalan-jalan mengelilingi kota Seremban memiliki nuansa yang berbeda dari hiruk-pikuk dan kemegahan Kuala Lumpur. Kota Seremban cenderung tenang dan lebih terasa damai.

Begitu sampai di terminal Bus Seremban kita dapat melihat kota dengan berjalan kaki dan dapat menemukan beberapa bangunan yang mirip dengan gaya bangunan gaya Minangkabau. Beberapa tempat seperti Gereja peninggalan colonial (Church of Visitation), Kuil Hindu, dataran Merdeka dan jajaran pertokoan di pusat kota Seremban.

Hal yang tak kalah menariknya untuk merasakan pengalaman berjalan-jalan menelusuri kota Seremban sambil beburu makanan khas yang memanjakan lidah seperti cendol Seremban dengan aneka rasa jaging, pulut dan durian.

Di Seremban kita juga dapat menemukan hidangan khas nasi ayam daging lunak yang sudah beroperasi puluhan tahun yaitu nasi ayam Gemencheh. Nasi goreng kampung yang khas juga kita bisa nikmati di kedai-kedai Melayu kota Seremban.

Seremban juga tidak jauh dari kawasan wisata Port Dickson di Selat Malaka dengan pandtau indahnya. Kita juga dapat menukmati Lake Gardens, museum, yang didirikan dengan model rumah Melayu (dibangun tanpa paku, seperti bangunan tradisional Sumatera). Di kaki bukit, sekitar 25 mil (40 km) ke arah timur, terbentang Seri Menanti, tempat istana sultan Negeri Sembilan.

Bagi pejalan yang mengunjungi Melaka ataupun Kuala Lumpur sebaiknya tidak melewatkan Seremban untuk menambahkan pengalaman perjalanan dan mengenal satu negara bagian di Negeri Jiran, yaitu Negeri Sembilan.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA