Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Okt 2020 11:32 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Situs Sejarah Cianjur Katanya Lebih Tua dari Piramida

Gema Bayu Samudra
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community -

Cianjur tak hanya punya alam cantik, tapi juga situs sejarah penting. Yang satu ini adalah situs megalitikum yang berusia ratusan tahun.

Situs Gunung Padang Cianjur punya daya pikat tersendiri. Keunikannya, bentuk batu menyerupai tiang-tiang atau balok persegi panjang yang tersebar di area seluas 900 meter persegi.

Pemandangan di sekitar gunung padang yang indah serta hamparan bebatuannya yang unik ini dijadikan alasan wisatawan untuk datang.

Situs Gunung Padang ini juga berbentuk punden berundak atau struktur tata ruang bangunan berupa teras yang mengarah pada satu titik yang semakin tinggi.

Selain alamnya yang eksotis, ternyata bebatuan ini punyai nilai sejarah yang tinggi. Dikarenakan Situs Gunung Padang ini merupakan situs prasejarah yang berusia ratusan tahun.

Bebatuan yang tersebar ini merupakan peninggalan dari zaman megalitikum. Ada versi menyebutkan bahwa situs ini lebih tua dari Piramida Giza di Mesir.

Penelitian tentang bagaimana dan tujuan dari hamparan bebatuan ini masih belum selesai, seperti halnya perbedaan para ahli dalam menentukan usia Situs Gunung Padang dari pengujian dengan sampel tanah.

Terlepas dari itu semua, Situs Gunung Padang yang berada di Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini tetap mempunyai nilai sejarah yang tinggi dan juga menjadi potensi luar biasa bagi pariwisata Indonesia.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA