Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 10:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Serunya Menyaksikan Lomba Gowes di Danau Terbesar Kedua

Ivonesuryani
d'travelers
Foto 2 dari 5
Alicia dan Freddy saat menikmati Danau Ranau.
Alicia dan Freddy saat menikmati Danau Ranau.
detikTravel Community -

Lomba gowes atau bersepeda di Danau Ranau kembali digelar lewat acara Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2020. Begini keseruannya.

Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2020, event bersepeda kelas internasional, digelar pada Sabtu (14/11/2020) di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatra Selatan. SRGF dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, didampingi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani.

Saya sengaja menyempatkan diri menyaksikan kegiatan ini dari dekat karena penasaran seperti apa pelaksanaan gran fondo yang bermakna bersepeda dalam jumlah banyak sambil berwisata. Apalagi lintasan yang akan dilalui peserta berada di tepi Danau Ranau, danau besar kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Mengayuh sepeda sambil menyaksikan birunya air danau dan Gunung Seminung di kejauhan, pastinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Protokol kesehatan juga diterapkan sangat ketat sejak mula hingga event berakhir. Peserta SRGF yang berjumlah sekitar 3.000 orang diberangkatkan secara bertahap dan harus menjaga jarak. Setiap peserta dan pengunjung yang memasuki kawasan start dan finish diharuskan mengenakan masker. Selain itu, penyelenggara juga membagikan masker kain secara gratis dan menyediakan banyak tempat cuci tangan.

Saya juga berjumpa dengan dua peserta asing yang turut ambil bagian pada event ini, yaitu Freddy Bereciartu asal Amerika Serikat dan Alicea warga Belanda, sepasang suami istri yang saat ini menetap di Bali. Freddy dan Alicea mengungkapkan bahwa ini pertama kali mereka mengikuti SRGF.

Mereka terpesona dengan pemandangan Danau Ranau dan mengatakan bahwa orang-orang di sini sangat baik. Harapan mereka, SRGF akan rutin diadakan setiap tahun. Mereka akan mengikuti acara ini lagi dan mengajak teman-teman mereka yang ada di Bali.

Antusias peserta dan penonton memang luar biasa. Andai SRGF digelar lagi tahun depan, saya pun akan kembali ke sini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA