Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Sep 2013 09:52 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Tangan Pendeta yang Hilang di Gereja Saint Paul Melaka

detikTravel
Saint Paul Church, Melaka (Devy/ detikTravel)
Saint Paul Church, Melaka (Devy/ detikTravel)
Melaka -

Jika ke Melaka, Malaysia, jangan melewatkan Gereja Saint Paul yang dibangun oleh bangsa Portugis tahun 1513. Ada kisah tangan pendeta yang hilang di gereja kuno ini.

Tak hanya dikenal sebagai bekas peninggalan dan tempat peribadatan sejak berabad-abad silam. Saint Paul juga menyimpan cerita tentang sosok pendeta Francis Xavier.

Meski tak melakukan penyebaran agama Kristiani di Melaka secara langsung, namun nama pendeta yang melakukan usaha untuk mencapai kejayaan dalam slogan gospel yang diusung penjajah Eropa selain gold dan glory saat menguasai Asia juga terselip dalam bagian sejarah kota Melaka.

Sembilan bulan jenazahnya sempat dimakamkan di gereja Saint Paul, namun jenazah Xavier konon tak cacat sedikit pun saat tubuhnya yang telah dikubur hendak dipindah makamkan di Goa, India.

Beberapa petinggi gereja Saint Paul pun kemudian sepakat untuk menjadikan Xavier sebagai sosok suci atau Santo dalam istilah agama Katolik.

Tak hanya itu, pada 1614, pusat ajaran agama Katolik di Roma memutuskan untuk memotong lengan kanan jenazah Xavier untuk mengenang sosoknya yang semasa hidup berjuang untuk menyebarkan agama hingga ke wilayah Asia khususnya di kawasan China.

Namun bila lengan kanan yang biasa digunakan untuk membaptis jemaatnya itu hingga kini tersimpan di Gereja Jesuit di kota Roma, Italia, lengan kanan patung Xavier yang ada di gereja Saint Paul, Melaka justru terpotong tak sengaja dan hingga kini tak ditemukan keberadaannya.

"Di waktu yang sama di tahun 1614, lengan kanan jenazah Xavier dipotong. Tapi, secara tak sengaja, lengan kanan patung Xavier juga hilang setelah patungnya didirikan dan bagian tangannya patah setelah sebuah dahan pohon jatuh menimpa patung tersebut," urai Zura pemandu wisata yang mendampingi detikTravel di tempat ini minggu lalu.

Meski begitu, di bekas reruntuhan gereja Saint Paul, sampai sekarang patung pendeta Francis Xavier masih berdiri tegak. Patung yang didirikan menghadap ke utara Melaka itu masih tampak kokoh, walaupun, salah satu lengannya terpotong dan tak diketahui dimana rimbanya.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA