Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Sep 2013 16:26 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rafting di Ekuador, Bisa Bertemu Pemburu Kepala Manusia

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Arung jeram di Rio Upano, Ekuador (rowadventures.com)
Quito - Bayangkan Pegunungan Andes dan Sungai Amazon. Ekuador menawarkan pengalaman arung jeram luar biasa di Sungai Rio Upano yang berjuluk 'Sungai dengan Air Terjun Keramat'. Anda bisa bertemu suku pemburu kepala manusia.

Sungai Rio Upano berada di Provinsi Morona-Santiago di Ekuador. Ini adalah wilayah hutan yang lebat, dengan air yang deras dari Gunung Andes. Medan yang berat membuat penjajah Spanyol dahulu kesulitan menembus kawasan ini.

Salah satu operator yang menawarkan arung jeram di Sungai Rio Upano adalah Row Adventures. Dari situs aslinya saat dilihat Kamis (19/9/2013) Sungai Rio Upano menawarkan jeram level 2-4, yang artinya tingkat menengah. Namun tidak hanya itu, di sungai ini ada air terjun besar, pemandangan hutan hujan yang lebat dan pengalaman berjumpa penduduk asli Ekuador.

Ini dia yang seru-seru mendebarkan. Penduduk asli ini adalah Suku Shaur, mereka dikenal sebagai 'Pemburu Kepala dari Amazon'. Dahulu mereka punya praktik menciutkan kepala musuh-musuh mereka yang sudah dipenggal menjadi ukuran kecil. Hiiii!

Namun, meskipun kebudayaan mereka masih lestari, praktik itu sudah tidak dilakukan lagi. Mereka sudah mendapat pengaruh dari para misionaris dan hidupnya sudah lebih modern.

Wisatawan yang tertarik untuk bertualang arung jeram di Sungai Rio Upano akan diterbangkan dari Kota Quito ke kota kecil Macas. Itu adalah titik start rafting ke alam liar Ekuador. Di dalam hutan, kita bisa melihat burung rangkong, bangau, beo Amazon dan aneka kupu-kupu yang cantik.

Di tengah perjalanan, wisatawan akan menjumpai ngarai yang tinggi dengan air terjun yang sangat besar. Suara bergemuruh air terjun akan membahana, karena tidak ada siapa-siapa lagi di sana, selain Anda.

Dari situ, wisatawan akan diajak berkunjung ke pemukiman Suku Shuar. Mereka tinggal di rumah tradisional dengan anyaman palem di dekat sungai. Kita bisa belajar bagaimana budaya mereka dan bagaimana mereka hidup di tengah hutan Amazon. Penasaran dengan bagaimana cara mereka mengecilkan kepala manusia? Tanya saja langsung pada Suku Shuar.

Setelah rafting selama 4 hari di Rio Upano, wisatawan akan menutup liburan dengan plesir ke Kota Cuenca. Ini adalah kota kolonial yang menawan. Ada sisa penjajahan Spanyol berupa gereja, museum, taman di tepi sungai, toko barang seni dan lain-lain.

Total paket liburan ini memakan waktu 8 hari. Harga yang ditawarkan per orang adalah USD 2.195 atau sekitar Rp 25,1 juta. Sepertinya ini harga yang layak untuk petualangan dahsyat ke hutan Amazon.

(fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA