Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Sep 2013 18:04 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rafting di Zambezi, Lewat Air Terjun Terbesar di Dunia

Fetry Wuryasti
detikTravel
Traveler harus siap dengan berbagai macam jeram (zambezi.com)
Zambezi - Rafting menjadi olahraga air yang disenangi traveler karena tantangannya. Namun cobalah rafting di Sungai Zambezi, Zambia karena Anda akan berarung jeram membelah hutan Afrika dan lewat air terjun terbesar di dunia!

Ditengok dari Zambezi.com, Kamis (19/9/2013), rafting komersil di Zambezi dimulai pada tahun 1981. Area rafting ini berada tepat di bawah Air Terjun Victoria Falls di Afrika, air terjun terbesar di dunia.

Sungai Zambezi merupakan sungai terbesar ke empat di Afrika. Sungai ini memiliki panjang 2.700 km dan airnya mengalir melewati enam negara, dimulai dari barat laut Zambia dekat perbatasan Angola, dan berakhir ke Samudera Hindia, di Pantai Mozambik.

Pada tahun 1996, sekitar 50.000 orang melakukan arung jeram air terjun ini, dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Ngarai yang berada di bawah air terjun Victoria Falls telah berkurang selama 300 juta tahun terakhir dan memiliki panjang 120 meter pada pada awal mulai jeram.

Untuk one day trip, traveler dapat mencoba untung berarung jeram sekitar 230 meter. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 20 menit.

Sungai Zambezi sendiri memiliki kedalaman hingga 60 meter. Arus jeramnya dapat Anda nikmati pada jarak 100 meter hingga 2 km. Arus sungai di Zambezi diklasifikasikan sebagai volume debit tinggi.

Aliran airnya akan sangat deras antara pertengahan Februari dan akhir Juni. Volume airnya besar, empat kali lipat dari Sungai Colorado. Sungai Zambezi memiliki hingga 23 jeram, dan hampir setengah dari jeram yang ada berada di level kesulitan tingkat 5.

Di sini juga ada tingkat kesulitan ke 6, namun tidak dapat diarungi traveler karena terlalu berbahaya. Traveler biasanya mencoba mengarungi jeram 1 hingga 18. Namun bagi mereka yang pecinta adu adrenalin dapat mencoba jeram 11 hingga 23.

Traveler bisa memulai rafting baik dari Zimbabwe ataupun Zambia. Rata-rata waktu yang akan dihabiskan traveler selama berarung jeram sekitar 6-7 jam.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT