Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Sep 2013 19:04 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rafting Menegangkan di Sungai Emas Nepal

Johanesrandy
detikTravel
Jeram yang menantang di Sungai Sun Kosi (redheadedtravels.com)
Dumja - Rafting adalah kegiatan outdoor yang sarat adrenalin. Indonesia memiliki beberapa sungai berarus untuk kegiatan rafting. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba rafting di Sungai Emas yang terletak di Nepal.

Dilansir dari Raft Nepal, Kamis (17/9/2013) Sungai Sun Kosi merupakan 1 dari 10 besar sungai di dunia. Dalam bahasa Nepal, Sungai Sun Kosi memiliki arti Sungai Emas. Disebut Sungai Emas karena warna air yang membawa alluvium ketika musim hujan tiba, kadang juga terdapat emas di sungai ini.

Uniknya, aliran Sungai Sun Kosi tercipta dari tujuh sungai yang bertemu di bagian timur tengah Nepal. Wisatawan yang ingin mencoba rafting di Sungai Emas atau Sun Kosi dapat memulai dari Kota Dumja, berjarak 3 jam perjalanan ke arah Timur dari Kathmandu. Anda dapat menikmati indahnya alam Nepal dari sungai yang bersinar ini.

Kegiatan rafting Sungai Sun Kosi berawal dari Dolalghat di ketinggian 620 meter dan berakhir di Chatra Gorge di ketinggian 115 meter dengan jarak sepanjang 272 kilometer. Dengan jarak tempuh sejauh itu, rafting akan memakan waktu antara 7 sampai 9 hari dengan pemandangan yang berbeda di setiap ketingian. Tingkat kesulitan Sungai Sun Kosi memiliki grade jeram III-IV.

Untuk rafting, ada baiknya Anda bisa berenang, jika tidak, terdapat jaket pelampung yang dapat dikenakan untuk keselamatan. Pihak penyelenggara rafting biasanya menyediakan perahu karet, helm, dayung plastik, jaket pelampung dan kotak pertolongan utama. Termasuk juga makanan, minuman, dan juga tenda untuk berkemah di pinggir sungai. Paket rafting dijual sekitar 400 Euro atau Rp 4,9 juta per orang.

Rafting Sungai Sun Kosi merupakan trip ideal bagi siapapun yang menginginkan kombinasi pemandangan indah nan damai, jeram yang menantang, dan waktu perjalanan yang lama. Tentunya persahabatan antar teman akan semakin terjalin erat melalui kerjasama team selama rafting dalam perjalanan.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA