Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Okt 2013 18:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Taj Mahal, Landmark Cinta Dunia

Faela Shafa
detikTravel
Taj Mahal tampak depan (Luthfi/detikTravel)
Agra - Demi cinta, seseorang rela memberikan yang terbaik. Shah Jahan mempersembahkan Taj Mahal nan indah sebagai bentuk cinta kepada istrinya, Mumtaz Mahal yang telah tiada. Taj Mahal di India adalah landmark cinta dunia.

Mumtaz Mahal bukanlah istri pertama dari Shah Jahan. Namun kekaguman dan cintanya yang begitu besar kepada Mumtaz mampu membuat Shah Jahan, raja dari Kerajaan Mughal bertekuk lutut. Seperti ditengok dari situs resmi pariwisata Taj Mahal, Kamis (3/10/2013), Mumtaz dan Shah Jahan memiliki kisah cinta yang manis dan membuat iri siapapun yang mendengar.

Tak heran jika Shah Jahan berduka tak berujung saat Mumtaz meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka. Selama lebih dari setahun, Jahan tidak keluar dari ruangan, hanya bersedih. Bahkan diceritakan, rambut Jahan berantakan, memutih, ia tidak mandi, dan tidak berminat memakai pakaian mewah ala kerajaan.

Penyelamat kesedihannya adalah mengingat mendiang istrinya, beserta kisah cinta mereka. Maka, mulai tahun 1631, dibangunlah Taj Mahal. Bangunan utama di komplek ini adalah makam Mumtaz Mahal. Paling megah, paling indah dan dikelilingi taman terindah. Karena dahulu, Mumtaz dikisahkan senang berjalan-jalan di taman kerajaan.

Makamnya berbentuk persegi panjang dengan lindungan gapura megah dan ruang-ruang kecil yang saling bersambungan. Membuat makam ini terlihat dan terasa sangat berharga. Karena kecintaannya dengan taman, makam Mumtaz dibuat seindah mungkin. Bahkan, satu bunga di makamnya terbuat dari 35 batu mulia yang berbeda.

Di dindingnya terdapat kaligrafi ayat Al-Quran yang indah dan memesona. Ruangan yang bisa diakses adalah lantai teratas. Di sana terapat replika makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal. detikTravel pun pernah mampir ke sini beberapa waktu lalu.

Ada taman nan cantik di sekeliling bangunan yang bertema Taman Firdaus seperti yang diceritakan di dalam Al-Quran. 4 Menara di sana, dulunya dipakai untuk adzan karena ada masjid di sampingnya yang dibuat warga sekitar.

Namun kini menara itu sudah ditutup dan tidak dipergunakan lagi karena banyak orang yang bunuh diri di sana. Saat cinta mereka tidak terbalas atau tidak disetujui, mereka lompat dari salah satu puncak menara.

Ada cara asyik mendatangi Taj Mahal selain pada pagi, siang atau sore hari. Saat bulan purnama, Taj Mahal dibuka untuk umum. Namun, tidak semua bisa masuk, karena akses terbatas. Hanya orang yang namanya disebutkan dalam undian saja yang bisa masuk.

Pada saat bulan purnama, Taj Mahal berpendar. Karena, tipikal bebatuan yang ada di sana akan berpendar indah saat terkena cahaya. jadi, bisa dibayangkan betapa indahnya Taj Mahal saat bulan purnama.

Untuk masuk ke sana, diperlukan biaya sekitar 750 Rupee atau yang setara dengan Rp 138 ribu. Hindari datang pada hari Jumat. Karena pada hari itu, Taj Mahal ditutup untuk salat Jumat.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA