Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Nov 2013 16:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Siapa Berani ke 'Pintu Neraka' di Turkmenistan?

Fetry Wuryasti
detikTravel
Api pada lubang tidak padam hingga saat ini (Daily Mail)
Darweze - Beberapa tempat wisata memiliki keajaiban alam dan fenomenanya tersendiri. Seperti di Turkmenistan, di sana terdapat destinasi wisata berupa tempat yang disebut sebagai 'Pintu Neraka'. Siapa berani datang ke sana?

Fenomena alam pintu neraka atau door hell ini berbentuk lubang raksasa di Gurun Karakum, Darweze, Turkmenistan dan merupakan keajaiban alam yang terlihat dramatis, seperti ditengok dari Daily Mail, Kamis (14/11/2013).

Lubang raksasa di tengah gurun ini telah terbakar selama lebih dari 40 tahun. Traveler mungkin bisa membayangkan seperti lubang bekas serangan makhluk luar angkasa pada film fiksi ilmiah. Namun rupanya 'pintu neraka' ini benar-benar fenomena alam yang patut Anda kunjungi.

Ini adalah kawah yang dibuat oleh ahli geologi Uni Soviet lebih dari 40 tahun yang lalu. Mereka melakukan pengeboran lokasi pada tahun 1971 hingga dan menemukan sebuah gua penuh dengan gas alam. Tapi tanah di bawah kilang pengeboran runtuh, meninggalkan lubang dengan diameter 70 meter.

Untuk menghindari gas beracun, diputuskan solusi terbaik adalah membakarnya. Mereka berharap api akan menghabiskan semua bahan bakar dalam hitungan hari, tapi gas masih saja terbakar hingga hari ini. Penduduk setempat menjuluki gua ini "The Door to Hell". Saat ini 'pintu neraka' menjadi objek wisata yang menarik bagi banyak turis.

Api menghasilkan cahaya keemasan yang dapat traveler lihat dari kejauhan di sekitar Derweze, sebuah desa dengan populasi sekitar 350 penduduk. Cahaya api ini justru menjadi ciri khas selamat datang daerah Turkmenistan.

Situs Door Hell berada sekitar 260 km sebelah utara dari Ashgabat, ibukota Turkmenistan. Pada bulan April 2010 Presiden Gurbanguly Berdimuhamedow, mengunjungi situs 'pintu neraka' tersebut dan memerintahkan agar lubang harus ditutup tapi ini belum dilaksanakan hingga saat ini.

Gurun Karakum, mencakup sebagian besar Turkmenistan dan terletak di sebelah timur Laut Kaspia. Daerah wisata ini juga memang memiliki sumber daya alam minyak yang signifikan dan gas alam.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT