Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Nov 2013 18:39 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Brazil, Anda Bisa Berenang di Gurun Pasir!

detikTravel
Turis memenuhi laguna dan tentu siap berenang (Amusing Planet)
Sao Luis - Ada yang beda dari pemandangan gurun pasir Lencois Maranhenses di Brazil. Turis pasti tak percaya akan adanya ratusan laguna yang airnya sangat jernih dan muncul di tengah gurun pasir. Anda pun bebas berenang di sana!

Ditengok dari Amusing Planet, Kamis (14/11/2013) taman nasional yang dilindungi ini terbentang di 4 kota yakni Humberto de Campos, Primeira Cruz, Santo Amaro dan Barreirinhas. Lencois Maranhenses yang luasnya 1.000 km persegi ini sudah terbentuk ribuan tahun lalu di negara tropis Brazil.

Secara alamiah, disebutkan pasir putih tersimpan pada aliran sungai. Lalu hembusan angin dan arus laut membawa kembali ke daratan membentuk gurun.

Saat musim hujan besar-besaran di setiap awal tahun, gurun ini mampu menampung hujan sehingga membentuk laguna di tengah padang pasir putih lembut. Air hujan itu akan membentuk laguna berwarna toska bak pantai di antara bukit pasir. Laguna cantik itu dihuni oleh ribuan jenis ikan warna-warni yang berenang bebas.

Tapi ada pemandangan yang berbeda saat Anda berkunjung di musim kemarau. Laguna-laguna itu perlahan menghilang dan menguap. Saat itu juga gurun pasir yang semestinya terlihat tanpa adanya air.

Lebih mengagumkan lagi, saat musim kemarau datang, ikan-ikan masih bisa bertahan di laguna. Selain laguna, ada pula hutan mangrove, pohon palem, sisa-sisa pohon kering dan Sungai Preguicas yang menghiasi panorama sekitar Taman Nasional Lencois Maranhenses.

Ada beberapa laguna besar dengan hiasan alam paling cantik di gurun ini. Misalnya Blue Lagoon dan Seagull Lagoon. Banyak turis dunia yang tak mau melewatkan waktunya saat liburan di sana dan pastinya berenang di laguna itu.

Sebaiknya traveler datang ke sana pada bulan Mei-September. Sebab, laguna tersebut akan membentuk sempurna dan Anda bisa bebas berenang di sana.

Turis yang ingin ke sana bisa dari negara bagian Maranhao, sisi timur laut Brazil. Berangkatlah dari Barreirinhas dan Sao Luis dengan bus atau truk dengan menempuh jarah 260 km. Selain kedua moda transportasi itu, Anda juga bisa pergi dengan pesawat.

Ketika sampai, kendaraan yang menuju ke dalam area gurun sangat dibatasi. Hanya mobil 4WD milik pengelola yang siap mengangkut traveler untuk sampai di gurun ini.

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA