Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Des 2013 17:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gurun Pasir Ajaib di Brazil, Punya Laguna yang Bisa Hilang

Afif Farhan
detikTravel
Laguna yang ada di Lencois Maranhenses (wikipedia.org)
Maranhao - Lencois Maranhenses adalah sebuah gurun pasir di Brazil. Gurun pasir ini terkenal dengan laguna cantik yang hanya muncul saat musim hujan dan banyak ikannya. Ajaibnya, laguna dan ikan-ikannya menghilang saat musim panas!

Panas dan gersang menjadi ciri khas suatu padang pasir. Tapi hal tersebut berbeda dengan gurun pasir di Maranhao, sebelah timur laut Brazil yang bernama Lencois Maranhenses. Gurun pasir di sini berpasir putih putih dan punya laguna cantik.

Dilongok dari gobrazil.about.com, Senin (23/12/2013) Lencois Maranhenses sudah ditetapkan menjadi taman nasional sejak tahun 1981. Dengan luas 1.500 km persegi, gurun pasir ini berada di dekat Sungai Preguicas dan hutan Amazon.

Lencois Maranhenses sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu, yang berasal dari endapan pasir di bawah sungai dan terbawa angin hingga membentuk gurun yang luas.

Satu hal yang jadi daya tarik dari gurun pasir ini adalah memiliki banyak laguna yang terlihat cantik. Bayangkan saja, sebuah hamparan pasir putih membentang luas dengan banyak kolam alami berbagai ukuran. Ada yang luas seperti danau, hingga kecil seperti kolam.

Usut punya usut, laguna di Lencois Maranhenses hanya ada saat musim hujan saja. Tepatnya saat bulan Juli-September, saat itulah puncak musim hujan dan air hujannya membentuk laguna di sana.

Ajaibnya, Anda bisa melihat ikan laut yang ada di dalam laguna tersebut. Ikan-ikan tersebut pun berenang-renang dan jumlahnya ada banyak. Dari mana asal ikan-ikan itu?

Siapa sangka, rupanya adalah para burung yang membawa telur-telur ikan dari perairan dan menaruhnya di sana. Ketika itulah, mereka sendiri yang akan menyantap ikan-ikan tersebut. Sebab saat musim kemarau tiba, laguna di sana akan menghilang dan habitat ikan yang ada di dalamnya akan mati.

Bagi yang berminat melihat laguna ajaib ini, ICMBio adalah badan pemerhati alam dan flora dan fauna di Brazil yang menyediakan fasilitas dan pemandu ke Lencois Maranhenses. Meski begitu, sudah banyak operator tur di Maranhao yang menyewakan jeep atau pesawat capung untuk menjelajahi Lencois Maranhenses.

(aff/ptr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA